Harga Cabai Rawit Melonjak Jelang Lebaran di Trenggalek, Ini Langkah-langkah Penanganannya

Harga cabai rawit merah di Kabupaten Trenggalek terpantau melonjak drastis, Rabu (29/5/2019).

Harga Cabai Rawit Melonjak Jelang Lebaran di Trenggalek, Ini Langkah-langkah Penanganannya
AFLAHUL ABIDIN/SURYA
Bupati Trenggalek M Nur Arifin mengecek harga kebutuhan pokok di Pasar Basah Trenggalek jelang Lebaran, Rabu (28/5/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK – Harga cabai rawit merah di Kabupaten Trenggalek terpantau melonjak drastis, Rabu (29/5/2019).

Dari harga normal rata-rata Rp 30.000 per kilogram (kg) menjadi kisaran Rp 45.000 hingga Rp 50.000 per kg.
Kenaikan harga cabai rawit ini menjadi perhatian khusus karena menjelang momen Lebaran 2019.

Bupati Trenggalek M Nur Arifin dan Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo sempat mengecek kenaikan harga itu di Pasar Basah.

Kapolres mengatakan, pengecekan di pasar untuk memberi kontrol terhadap harga bahan pokok. Tujuannya agar masyarat bisa mendapatkan bahan-bahan itu dengan harga yang relatif terkendal.

Soal harga cabai rawit yang melonjak tajam, ia bilang, penanganannya bakal terpadu antara dinas terkait dan kepolisian. Dinas bisa mengecek teresediaan komoditi itu di daerah lain yang harganya terpantau lebih rendah.

“Nanti kami turunkan tim (untuk mengecek),” katanya kepada Tribunjatim.com.

Dikhawatirkan, kenaikan harga cabai rawit karena adanya permainan dari pengepul besar.

Dalam waktu dekat, Pemkab Trenggalek juga berjanji bakal menghubungi paguyuban pedagang di pasar-pasar. Mereka akan disuplai informasi harga cabai rawit murah di pasar-pasar se-Jawa Timur. Diharapkan, mereka bisa mendatangkan pasokan dari sana agar harga kembali stabil.

Data Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok (Siskaperbako) untuk hari yang sama menunjukkan, harga cabai rawit merah rata-rata di Jawa Timur berkisar di angka Rp 34.000 per kg.

“Nanti akan kami pantau harganya setiap hari,” ujar Bupati.

Video Mesum Siswi SMP dan Mahasiswa, YouTuber Banyuwangi Bikin Klarifikasi: Kalian Jangan Sok Tahu

Polly Alexandria Pulang ke Bali Ternyata Bukan karena Kangen Nur Khamid, Begini Pengakuannya

Selain cabai rawit merah, beberapa bahan pokok juga mengalami kenaikan harga, meski tak signifikan. Harga bawah merah naik tipis dari biasanya Rp 25.000 per kg menjadi Rp 26.000 sampai Rp 30.000 per kg.

Harga bawang putih juga sudah turun dari yang sebelumnya sempat menyentuh Rp 60.000, kini menjadi antara Rp 28.000 per kg sampai Rp 30.000 per kg.

“Kalau ayam memang ada kenaikan, khususnya ayam kampung karena kebutuhan dan tradisi di sini. Harga biasanya Rp 60.000 per kg menjadi Rp 75.000. Ayam pedagang juga naik sedikit dari Rp 28.000 per kg menjadi Rp 30.000 per kg,” ungkapnya kepada Tribunjatim.com. (aflahul abidin/TribunJatim.com).

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved