Mahfud MD Sebut Rekonsiliasi Politik Harus Segera Digagas: Politik Itu Tidak Bisa Zero Sum Game

Mahfud MD mendorong adanya rekonsiliasi politik dengan alasan politik tidak bisa zero sum game yang menang mengambil semuanya dan yang kalah dihabisi

Mahfud MD Sebut Rekonsiliasi Politik Harus Segera Digagas: Politik Itu Tidak Bisa Zero Sum Game
Instagram/@mohmahfudmd
Mahfud MD, Mantan Ketua MK 

TRIBUNJATIM.COM - Mahfud MD selaku Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan meminta kepada semua pihak agar segera menggagas rekonsiliasi setelah Pemilu 2019.

Menurut Mahfud MD, penting dilakukan rekonsiliasi politik untuk membuat situasi politik semakin kondusif.

"Tentu kami mendorong adanya rekonsiliasi politik karena politik itu tidak bisa zero sum game yang menang mengambil semuanya yang kalah dihabisi seluruhnya. Saya kira untuk alam Indonesia dan budaya Indonesia rekonsiliasi politik itu menjadi penting," ujar Mahfud di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (28/5/2019).

Hermawan Sulistyo Blak-blakan Ungkap Ciri Pemimpin Lembaga Survei yang Ditarget Pembunuh Aksi 22 Mei

Bahkan hingga saat ini, Mahfud MD terus mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat agar menahan diri dalam menyikapi hasil Pemilu 2019 dan kerusuhan yang terjadi pada 21 -22 Mei.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini menjelaskan apabila masyarakat terus terprovokasi, bukan tak mungkin kerusuhan yang serupa akan terulang kembali.

Mahfud MD berharap agar semua pihak mengedepankan kepatuhan terhadap hukum dalam menghadapi situasi ini.

Tak hanya itu, Mahfud MD memberikan apresiasi terhadap pasangan Prabowo-Sandiaga yang mengajukan gugatan sengketa Pilpres ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Penyelesaian sengketa Pilpres itu sekarang ada di MK. Kita mengapresiasi Pak Prabowo paslon nomor 2 bersama Pak Sandi yang sudah menbawa kasus ini ke MK untuk mencari penyelesaian yang paling elegan," kata Mahfud.

5 Fakta Prabowo ke Dubai, Bawa Jet Pribadi hingga Manifes Penerbangannya Tersebar, BPN Bereaksi

"Kita apresiasi dan peluang untuk menang atau kalah tetap ada di MK. Oleh sebab itu mari kita dorong MK untuk melakukan tugasnya secara profesional. Tidak boleh diintervensi oleh siapapun dan tidak boleh diteror oleh siapapun," lanjut dia.

Rekonsiliasi politik sudah pernah diingatkan oleh Mahfud MD bahwa semua pihak yang iku dalam kontestasi Pemilu 2019 harus memulai rekonsiliasi.

Kisah Bu Tien Didatangi Peramal India, Nasib Mujur Soeharto Dibongkar & Terbukti, Sempat Tak Percaya

Hal itu disampaikan oleh Mahfud MD saat dijumpai di kediaman Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Jalan Teuku Umar Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (17/5/2019).

"Semua pihak harus dalam kesadaran yang sama akan rekonsiliasi. Tidak usah dikotak- kotak, yang di sana, yang di sini, yang berdiri di tengah siapa, itu sulit. Jadi mari semua punya kesadaran itu. Mari kita rekonsiliasi," ujar Mahfud saat dijumpai di kediaman Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (17/5/2019).

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul ‎Mahfud MD: Rekonsiliasi Politik Budaya Indonesia, Harus Disegerakan

Penulis: Elma Gloria Stevani
Editor: Januar AS
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved