Tokoh Agama Jawa Timur Apresiasi TNI-Polri Tangani Demo 22 Mei

Kinerja aparat kepolisian dan TNI dalam penanganan aksi kerusuhan 22 Mei di Jakarta mendapatkan apresiasi berbagai kalangan masyarakat.

Tokoh Agama Jawa Timur Apresiasi TNI-Polri Tangani Demo 22 Mei
Surya/Sutono
Ketua PW RMI NU Jawa Timur KH Ahmad Zaki Hadzik 

TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG - Kinerja aparat kepolisian dan TNI dalam penanganan aksi kerusuhan 22 Mei di Jakarta mendapatkan apresiasi berbagai kalangan masyarakat.

Sebab, penanganan mengedepankan pendekatan humanistis, namun mampu meredam kerusuhan, sehingga tidak melebar ke wilayah-wilayah lain.

Apresiasi antara lain disampaikan Ketua Pengurus Wilayah Rabithah Maahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (PW RMI NU) Jawa Timur, KH Ahmad Zaki Hadzik

"Penanganan oleh TNI-Polri mampu mengembalikan rasa aman bagi warga. Khususnya ibukota, serta di wilayah lain umumnya," ujar KH Ahmad Zaki Hadzik, saat di kediamannya, Kompleks Ponpes Tebuireng, Jombang, kepada Surya.co.id, Rabu (29/5/2019).

KH Zaki Hadzik juga berharap aparat penegak hukum dapat segera menindak tegas para perusuh dan mengusut aktor intelektual di belakangnya.

Karena, menurutnya, aksi kerusuhan tersebut ulah oknum - oknum yang tidak bertanggung jawab dengan memanfaatkan momentum demonstrasi.

"Untuk anggota TNI-Polri yang saat ini menjalani perawatan akibat aksi kerusuhan dapat segera pulih dapat kembali bertugas menjaga NKRI," tambah pengurus Ponpes Tebuireng Jombang itu.

Dia juga mengimbau, kerusuhan yang terjadi di Jakarta menjadi pelajaran bagi semua elemen masyarakat, dan tidak terulang lagi, dengan cara mempererat persatuan dan kesatuan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"NKRI tetap harga mati dan semoga jayalah selalu Indonesia," tegasnya.

Dul Jaelani Datangi Rutan Medaeng, Jenguk Ahmad Dhani

Ribuan Warga Antre Salam Tempel Rp 50.000 dari PT Gudang Garam Kota Kediri

5 Fakta Prabowo ke Dubai, Bawa Jet Pribadi hingga Manifes Penerbangannya Tersebar, BPN Bereaksi

Pengasuh Pondok Pesantren Al Asyor Jombang, KH Syaiful Hidayat mengungkapkan bentuk kepercayaan masyarakat terhadap penanganan aksi kerusuhan 22 Mei di Jakarta.

Yakni dengan menyerahkan secara penuh kepada aparat kepolisian dan TNI, untuk mengembalikan situasi keamanan yang lebih baik dan kondusif.

"Tentu aparat kepolisian dan TNI sudah mempunyai pengalaman dan prosedur operasional standar dalam penanganan aksi kerusuhan," tuturnya.

Menurutnya perselisihan serta perbedaan usai pemilu hendaknya diakhiri, dengan cara mempererat silaturahmi serta rasa kekeluargaan.

"Sesama anak bangsa mari kita mempererat silaturahmi demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia," pungkasnya.(Sutono/TribunJatim.com).

Penulis: Sutono
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved