Hari Ini Disebut Puncak Arus Mudik Penumpang KA Wilayah Daop 8, Diprediksi Capai 24 Ribu Orang

Penumpang KA pada masa posko Angkutan Lebaran tanggal 1 Juni 2019 (H-4) di wilayah PT KAI Daop 8 merupakan puncak arus mudik.

Hari Ini Disebut Puncak Arus Mudik Penumpang KA Wilayah Daop 8, Diprediksi Capai 24 Ribu Orang
SURYA/BENNI INDO
Penumpang turun dari kereta di Stasiun Malang saat arus mudik Lebaran 2019. 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Penumpang KA pada masa posko Angkutan Lebaran tanggal 1 Juni 2019 (H-4) di wilayah PT KAI Daop 8 merupakan puncak arus mudik.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto melalui keterangan resminya menjelaskan, diperkirakan jumlah penumpang KA Jarak Jauh/Menengah pada Sabtu (1/6/2019) mencapai 24.896 penumpang.

“Diperkirakan jumlah penumpang pada masa pra-lebaran ini mengalami kenaikan signifikan akan terjadi pada tanggal 2 Juni 2019 atau H-3,” ujarnya, Sabtu (1/6/2019).

Antisipasi Lonjakan Penumpang Mudik, PT KAI Tambah Kereta Api Relasi Surabaya Pasar Turi-Jakarta

Promo Spesial Tiket Kereta Sleeper Luxury 2, Bayar Rp 1 Juta untuk Rute Malang-Gambir Mulai 26 Mei

Untuk angka pemesan tiket KA Lebaran, baik yang KA reguler dan KA tambahan  untuk periode keberangkatan pada 2 Juni 2019hingga 16 Juni 2019 sudah terjual 318.359 tiket atau 81 persen dari total 392.274 tiket yg tersedia.

Angka itu merupakan keberangkatan dari Surabaya.

“Mulai tingginya angka penjualan tiket lebaran KA Jarak Jauh/Menengah di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya ini, disebabkan karena wilayah Daop 8 Surabaya merupakan daerah tujuan dari pemudik,” imbuhnya.

Suprapto menerangkan, karakteristik para penumpang pada angkutan lebaran seperti pada tahun-tahun sebelumnya didominasi oleh arus para penumpang KA Jarak Jauh/Menengah dari arah barat ke timur yakni Jawa barat atau DKI Jakarta menuju Jawa tengah dan Jawa Timur.

Sedangkan masa setelah Lebaran, arus penumpang akan didominasi oleh para penumpang KA Jarak Jauh/Menengah dari arah timur ke barat.

“Jumlah pemesanan tiket KA pada masa angkutan Lebaran mengalami lonjakan di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya, dengan dominasi pemesanannya ada di masa setelah Lebaran. Hal ini berarti telah memasuki masa arus balik. Ini bisa terlihat dari lonjakan pemesanan tiket untuk keberangkatan KA pada 6 Juni sampai 9 Juni 2019, rata-rata mencapai 90 persen,” paparnya.

Qurotul Ayun (23) seorang penumpang KA Tawangalun jurusan Malang – Banyuwangi mengatakan sudah memesan tiket jauh-jauh hari.

Halaman
1234
Penulis: Benni Indo
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved