Breaking News:

Idulfitri 2019

Puncak Arus Mudik di Gerbang Tol Nganjuk Diprediksi H-2 Lebaran, Volume Kendaraan Bisa 2 Kali Lipat

Puncak arus mudik di gerbang Tol Nganjuk diprediksi terjadi pada H-2 Hari Raya Idulfitri 1440 hijriah.

ISTIMEWA
Gerbang Tol Nganjuk. Puncak arus mudik di gerbang tol ini diprediksi terjadi pada H-2 Lebaran dengan jumlah volume mencapai dua kali lipat dari hari biasanya. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Arie Noer Rachmawati

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Puncak arus mudik di gerbang Tol Nganjuk diprediksi terjadi pada H-2 Hari Raya Idulfitri 1440 hijriah.

Volume kendaraan yang melintas di gerbang Tol Nganjuk pada H-2 Lebaran nanti diprediksi bisa mencapai dua kali lipat dari hari biasanya, yang mana sekitar 1.700 kendaraan dalam satu kali shift.

Tercatat pada 1 Juni 2019 atau H-4 Lebaran, sebanyak 3.086 kendaraan masuk melalui pintu gerbang Tol Nganjuk dan 5.581 kendaraan keluar dari pintu exit dalam tiga kali shift.

Baharkam Polri Tinjau Terminal Purabaya Surabaya, Pastikan Keamanan Arus Mudik Lebaran Jalur Darat

Kepala Shift Gerbang Tol Nganjuk, Dzulhi Wienaldi mengatakan, volume kendaraan tersebut diperkirakan akan terus bertambah hingga puncak arus mudik lebaran. Dari volume kendaraan tersebut, dikatakan Dzulhi, masih didominasi kendaraan pribadi.

"Untuk mengantisipasi puncak arus mudik di GT Nganjuk tersebut, kami sudah melakukan persiapan dengan menambah jumlah petugas sekitar 4 orang dalam tiap shift jaga. Tujuannya agar bisa membantu kelancaran transaksi sehingga diharapkan tidak terjadi penumpukan antrean," jelasnya kepada TribunJatim.com, Sabtu (2/5/2019).

Selain itu, lanjut dia, alat mobile reader juga telah disiagakan untuk membantu jemput kendaraan ketika antrean sudah terlihat mengular baik di pintu masuk maupun exit tol.

"Yang perlu diketahui, bila pemudik nanti sudah berada di antrean tapi e-toll habis maupun lupa, akan ada petugas Bank Himbara yang standby di gerbang tol untuk menjual kartu maupun sekadar mengisi ulang," tambahnya.

Berangkatkan 270 Ribu Pemudik, Mudik Bareng Gratis 2019 Pemprov Jatim Pecahkan Rekor MURI

Terkait tarif tol, sebelumnya telah diberlakukan diskon sebesar 15 persen untuk transaksi di ruas tol Jasa Marga. Hanya saja, masa periode diskon ini sudah berakhir pada 29 Mei lalu. Namun, diskon akan kembali diberlakukan untuk periode arus balik lebaran mulai 10 Juni-12 Juni 2019.

"Saat ini, tarif tol sudah kembali normal seperti biasanya. Diskon akan ada lagi nanti ketika periode arus balik pada 10-12 Juni," terang Dzulhi.

Dzulhi menambahkan, pihaknya juga mengimbau kepada para pemudik yang melintas jalan Tol Nganjuk untuk tetap waspada dan hati-hati, terutama ketika melintasi daerah rawan laka di KM 611-620. Apabila pemudik merasa kecapekan disarankan untuk berhenti dan istirahat sejenak.

"Di tol Nganjuk ada rest area yang bisa dimanfaatkan pemudik untuk istirahat supaya stamina bisa tetap terjaga. Lokasinya di KM 626," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved