Gubernur Khofifah Pastikan Harga Bahan Pangan di Jatim Stabil dan Terjangkau Masyarakat

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa terus turun langsung ke pasar tradisional memantau harga bahan pokok.

Gubernur Khofifah Pastikan Harga Bahan Pangan di Jatim Stabil dan Terjangkau Masyarakat
SURYA/FATIMATUZ ZAHROH
Sidak Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Kadisperindag Jatim Drajat Irawan ke Pasar Anom Baru di Kabupaten Sumenep, Senin (3/6/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa terus turun langsung ke pasar tradisional memantau harga bahan pokok.

Pada Hari Senin (3/6/2019) ini juga, Gubernur Jawa Timur Khofifah didampingi jajaran Dinas Perindustrian dan Pedagangan (Disperindag) meninjau Pasar Anom Baru Kabupaten Sumenep.

Gubernur Khofifah bersama Pemprov Jatim ingin memastikan bahwa kondisi bahan pokok beserta harganya dalam kondisi aman, stabil dan tidak ada lonjakan harga yang signifikan.

Gubernur Khofifah mengunjungi stan penjual beras, bawang putih, telur ayam, daging ayam, daging sapi, dan juga bahan makanan yang lain.

(KAI Daop 8 Turunkan Tarif Tiket Kereta Rute Surabaya ke Jember/Banyuwangi, Berikut Rincian Harganya)

Dari sidak tersebut, Gubernur Khofifah mendapati memang ada sejumlah bahan pokok yang naik harganya. Namun masih dalam kondisi normal dan stok masih aman.

"Misalnya daging super ada kenaikan Rp 5 ribu per kilogramnya. Begitu juga untuk harga telur ayam, ada kenaikan Rp 2 ribu hingga Rp 3 ribu per kilogramnya. Selain itu normal," kata Khofifah

Harga beras di Pasar Anom Baru terbilang masih dalam kondisi normal.

Bahan yang alami gejolak harga adalah bawang putih saat sebelum masuk bulan ramadhan. Namun Khofifah menegaskan dari hasil turun ke pasar Anom Baru, harga bawang putih sudah normal kembali.

Lebih lanjut untuk menghindari adanya permainan harga, Satgas Pangan akan langsung turun. Terutama jika ada kondisi ekstrim yang membutuhkan penanganan dan langkah cepat maka satgas akan langsung turun.

Satgas ini adalah tim gabungan dari lintas sektor dan melibatkan kepolisian.

"Kalau ada dinamika yang sangat fluktuatif Satgas Pangan akan turun dan melakukan operasi pasar. Tapi kalau sekarang ini kondisinya aman, nggak ada masalah," tegasnya.

(Sebelum Bertolak ke TMP Kalibata, Khofifah Ajak Pemudik Jatim Kirim Doa untuk Ani Yudhoyono)

"Kalau ini naik karena ada peningkatan permintaan. Tapi kondisi stok bahan pangannya aman. Stok daging sapi aman, daging ayam aman, telur aman, pedagang juga tidak mengeluhkan kesulitan mendapatkan barangnya," ucap Khofifah.

Bahkan ketersediaan bahan pokok tersebut dikatakan Khofifah bahkan tidak hanya sampai lebaran yang tinggal besok lusa. Tapi hingga pasca lebaran.

Reporter: Surya/fatimatuz zahroh

(Jelang Hari Raya Idulfitri, Harga Cabai Merah di Pasar Srimangunan Sampang Capai Rp 50 Ribu per Kilo)

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved