Kiai Sepuh Siap Pertemukan Jokowi-Prabowo di Jatim, PKB: Kami Dukung, Kalau Bisa di Pamekasan

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai partai pengusung Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01, Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin

Kiai Sepuh Siap Pertemukan Jokowi-Prabowo di Jatim, PKB: Kami Dukung, Kalau Bisa di Pamekasan
bobby Koloway/surya
Para ulama dan kiai sepuh menggelar silaturahmi terbatas, Minggu (2/5/2019) di kediaman Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Saifullah Yusuf (Gus Ipul) di Surabaya. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai partai pengusung Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01, Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin menyambut baik usulan para kiai sepuh untuk mempertemukan Jokowi dengan Prabowo di Jawa Timur

PKB bahkan menyebut lokasi strategis yang bisa menjadi tempat pertemuan ini. Di antaranya, Madura.

"Kalau tujuan kebaikan, pasti kami dukung," kata Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jatim, Fauzan Fuadi kepada Surya.co.id ketika dikonfirmasi di Surabaya, Minggu (2/6/2019).

Fauzan menyebut lokasi strategis tersebut, di antaranya Kabupaten Pamekasan di Pulau Madura. Di kabupaten yang menjadi basis pendukung Prabowo-Sandi ini, Kiai Ma'ruf Amin sempat dihadang di salah satu kunjungannya.

Upaya Islah, menurut Fauzan, tak seharusnya mementingkan elit partai. Namun yang terpenting, dapat mendamaikan para pendukung di akar rumput.

"Kalau bisa di Madura. Misalnya, di Pamekasan. Biar rekonsiliasi tuntas. Artinya, (rekonsiliasi) bukan hanya di tingkat elit. Sehingga, pada pertemuan ini para ulama dan Habaib pendukung juga diundang," ujarnya kepada Tribunjatim.com.

Terkait upaya rekonsiliasi, pihaknya tetap akan menghormati proses persidangan di Mahkamah Konstitusi (MK).

Ulama dan Kiai Sepuh se-Jatim Siap Fasilitasi Pertemuan Jokowi-Prabowo

Jelang Hari Raya Idulfitri, Warga Pamekasan Berburu Sandal Murah di Taman Monumen Arek Lancor

Aurel Jadi Hantu saat Prank Keluarganya, Anang Sampai Tonjok Sang Anak hingga Ashanty Lari Ketakutan

Sehingga, tanpa adanya undangan dari pihak ketiga, Fauzan memastikan bahwa kubu Jokowi kemungkinan besar tak akan mengajukan undangan rekonsiliasi.

Mengingat, saat ini kubu Prabowo sedang melakukan upaya peradilan di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Dari pihak Pak Jokowi, kami ingin semua tuntas dahulu. Di dalam situasi seperti ini, pihak pengundang tidak mungkin dari 01. Sebab, masih ada proses di MK. Kami sama-sama menghormati proses di MK," kata Fauzan.

"Prinsipnya, kami ingin semua berjalan alami saja, di 2014 yang nggak kalah panasnya saja juga bisa bertemu," pungkas Fauzan yang juga Anggota DPRD Jatim terpilih dari PKB ini.

Untuk diketahui, sejumlah kiai sepuh di Jawa Timur menyatakan siap menjadi tuan rumah pertemuan antara calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo dengan Calon Presiden nomor 02, Prabowo Subianto.

Bertajuk islah nasional, pertemuan nanti diharapkan dapat mengakhiri panasnya konstilasi politik nasional akhir-akhir ini.

Hal ini menjadi satu di antara kesepakatan para ulama dalam silaturahmi terbatas, Minggu (2/5/2019) di kediaman Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Saifullah Yusuf (Gus Ipul) di Surabaya. Sejumlah kiai dan ulama sepuh se Jawa Timur hadir pada acara ini. (bob/TribunJatim.com).

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved