Sukses Pertahankan Stabilitas Marjin, Rating PT Pelindo III Dinaikkan S&P Jadi BBB-

Standard and Poor’s atau juga dikenal dengan S&P telah menaikkan rating PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) menjadi BBB- dari sebelumnya BB+

Sukses Pertahankan Stabilitas Marjin, Rating PT Pelindo III Dinaikkan S&P Jadi BBB-
Istimewa
Crane bongkar muat di pelabuhan yang dikelola Pelindo III. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Standard and Poor’s atau juga dikenal dengan S&P telah menaikkan rating PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III menjadi BBB- dari sebelumnya BB+.

"Rating tersebut mencerminkan potensi dukungan pemerintah pada Pelindo III karena kepentingan strategis dari pelabuhan," kata Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung, dalam rilisnya, Jumat (7/6/2019).

Selain itu, rating Pelindo III yang saat ini menjadi BBB- dengan outlook stable mencerminkan bahwa posisi Pelindo III saat ini sebagai kategori investment grade dan menunjukkan sebagai salah satu perusahaan pelabuhan utama di Indonesia.

Kemudian kemampuan perseroan juga dianggap mampu mempertahankan marjin yang stabil dan proteksi arus kas yang kuat.

(Kuota Mudik Gratis Lebaran 2019 dari Pelindo III Ditambah Jadi 30.000 Tiket, Berikut Rinciannya)

Doso Agung juga melihat bahwa peningkatan rating tersebut juga didukung oleh kondisi ekonomi Indonesia yang secara konsisten lebih baik daripada negara-negara dengan tingkat pendapatan yang sama.

"Kenaikan rating S&P merefleksikan prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kuat sehingga diharapkan dapat mendukung ekspansi usaha dan industri pelabuhan," ucap Doso.

"Pelindo III semakin percaya diri karena dipandang memiliki kemampuan yang kuat untuk memenuhi komitmen keuangan dalam jangka panjang," tambahnya.

Direktur Keuangan Pelindo III, Iman Rachman, menambahkan, rating didasarkan pada data dan informasi yang diperoleh S&P dari Pelindo III serta laporan keuangan tahun 2018 dan proyeksi tahun 2019.

“Hal yang mendasari Pelindo III mendapat kenaikan rating menjadi BBB- adalah potensi dukungan pemerintah terhadap program pengembangan pelabuhan," ucap Doso

"Mengingat Pelindo III merupakan salah satu pengelola pelabuhan utama di Indonesia yang ikut menjaga stabilitas ekonomi bangsa. Terlebih lagi, 100 persen saham Pelindo III dimiliki oleh pemerintah” tambahnya.

(Pelindo III Siapkan 17.500 Tiket Kapal Laut dan Bus Gratis Untuk Mudik Lebaran, Cek Pendaftarannya)

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved