Sambut Kembali Ribuan Warga Banyuwangi yang Merantau, Bupati Anas Beberkan Kemajuan Banyuwangi

Lebih dari seribu para perantau alias diaspora asal Banyuwangi memadati Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Sabtu (8/6/2019).

Sambut Kembali Ribuan Warga Banyuwangi yang Merantau, Bupati Anas Beberkan Kemajuan Banyuwangi
SURYA/Haorrahman
Lebih dari seribu para perantau alias diaspora asal Banyuwangi memadati Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Sabtu (8/6/2019). Mengenakan batik dan udeng khas Banyuwangi, para warga rantau dari berbagai kota dan negara mengikuti acara bertajuk “Diaspora Banyuwangi” tersebut. 

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Lebih dari seribu para perantau alias diaspora asal Banyuwangi memadati Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Sabtu (8/6/2019).

Mengenakan batik dan udeng khas Banyuwangi, para warga rantau dari berbagai kota dan negara mengikuti acara bertajuk “Diaspora Banyuwangi” tersebut.

Acara yang dihelat tiap libur Lebaran itu selalu dihadiri Ikatan Keluarga Banyuwangi (Ikawangi) dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara.

Beragam kuliner lokal khas Banyuwangi disajikan, mulai rujak soto, nasi tempong, pecel pitik, dan ayam kesrut. Lagu-lagu khas Banyuwangi dimainkan untuk mengobati kerinduan para perantau.

(Gelar Halal Bihalal Bersama Warga Trenggalek Perantau, Emil Dardak Minta IKAT Jaga Tradisi Mudik)

Bupati Abdullah Azwar Anas mengatakan, Diaspora Banyuwangi selalu digelar rutin setiap tahun sejak lima tahun yang lalu.

Ini menjadi media penting Pemkab Banyuwangi untuk menyampaikan perkembangan pembangunan daerah sekaligus meminta masukan dari warga perantau.

“Dalam kesempatan ini, kami juga mengajak para perantau untuk berkolaborasi membangun daerah. Silakan bikin sesuatu di Banyuwangi, usaha pertanian, peternakan, pariwisata, dan sebagainya sesuai minat Bapak/Ibu semua. Ayo bareng-bareng majukan daerah," ungkap Abdullah Azwar Anas.

Bupati Anas lantas memaparkan berbagai perkembangan Banyuwangi.

Mulai dari Bandara Internasional Banyuwangi, pengembangan pariwisata, hingga pabrik kereta api terbesar di Indonesia yang tengah dibangun di Banyuwangi.

Saat ini, di Banyuwangi juga sedang dibangun industri kereta api terbesar di Indonesia yang dilengkapi dengan museum kereta api.

Halaman
123
Penulis: Haorrahman
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved