KPU Jatim Fasilitasi Tim Prabowo-Sandi Lengkapi Bukti Gugatan ke MK, Bolehkan Buka Kotak Suara

KPU Jatim Fasilitasi Tim Prabowo-Sandi Lengkapi Bukti Gugatan ke MK, Bolehkan Buka Kotak Suara di wilayah Jatim.

KPU Jatim Fasilitasi Tim Prabowo-Sandi Lengkapi Bukti Gugatan ke MK, Bolehkan Buka Kotak Suara
SURYA/BOBBY CONSTANTINE KOLOWAY
Komisioner KPU Jatim, Nurul Amalia. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - KPU Jatim memfasilitasi tim Prabowo-Sandi untuk melengkapi alat bukti untuk gugatan hasil pemilihan presiden (pilpres) ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Untuk melengkapi berkas tersebut, KPU Jatim juga memperbolehkan untuk membuka kotak suara.

Berada di bawah koordinasi Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Data serta Divisi Hukum, KPU Jatim menginstruksikan jajaran KPU Kabupaten/Kota untuk membuka kotak suara demi melengkapi bukti yang dibutuhkan tim Prabowo-Sandi.

Penyandingan Data Tak Dipenuhi KPU Jatim, Saksi 02 Tolak Tandatangan Hasil Rekap Tingkat Provinsi

Sebut 58 Ribu Suaranya Hilang di Bangkalan, Caleg Gerindra Tuntut Pencocokan Suara ke KPU Jatim

Rekapitulasi Sementara KPU Jatim : Prabowo-Sandi Baru Menang di Tiga Kabupaten

”Pembukaan kotak suara itu sehubungan dengan dibutuhkannya alat bukti untuk sidang di MK. Sudah sepengatahuan KPU Jatim,” kata Komisioner KPU Jatim Nurul Amalia kepada Tribunjatim.com ketika dikonfirmasi di Surabaya, Minggu (9/6/2019).

Tak sendiri, KPU Jatim berkoordinasi dengan jajaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), kepolisian, hingga saksi peserta pemilu.

”Prinsipnya, kami melibatkan seluruh unsur dalam membuka kotak suara. Setelah dikumpulkan di tingkat kabupaten/kota, selanjutnya akan dibawa ke KPU Provinsi. Nanti, KPU Jatim akan berkoordinasi dengan KPU RI,” jelas Nurul.

Nurul enggan menjelaskan detail dokumen yang diambil sebagai bukti tersebut. Menurutnya, tiap kabupaten/kota menyerahkan bukti sesuai dengan permintaan tim Prabowo-Sandi.

Jawa Timur harus menyiapkan beberapa dokumen dengan membuka kotak suara sebab Jatim menjadi salah satu provinsi yang digugat oleh pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sanidaga Uno di MK.

”Sesuai dengan wilayah yang digugat. Jadi, kalau nggak dimasukkan di gugatan, tak perlu melengkapi. Namun, ya harus siap-siap barangkali masuk dalam materi gugatan,” kata Nurul.

Satu di antara kabupaten yang membuka kotak suara adalah Kabupaten Mojokerto. Kotak suara di 18 kecamatan dibuka oleh KPU Kabupaten Mojokerto di gedung KPU Kabupaten Mojokerto, Sabtu (8/6/2019).  

Ketua KPU Mojokerto, Ayuhanafiq menjelaskan bahwa kotak surat suara pemilihan presiden dibuka untuk mengeluarkan berkas pilpres yang akan digunakan sebagai bukti saat Perselisihan Antara Peserta Pemilihan Kepala Umum Daerah dengan Komisi Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Dokumen yang digunakan adalah seluruh dokumen DAA tingkat Kecamatan dan dokumen DAA 1 yang berasal dari desa," Jelas Ayuhanafiq, Sabtu siang (8/6/2019).

Masih kata Ayuhanafiq, Seluruh dokumen yang digunakan sebagai bukti gugatan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 dikirim ke KPU Provinsi untuk dilanjutkan ke KPU RI.

Mahkamah Konstitusi (MK) mempersilahkan untuk menambah alat bukti dalam gugatan sengketa Pilpres 2019 yang diajukan ke MK. Saat ini gugatan tersebut masih dalam proses verifikasi sebelum diregistrasi pada 11 Juni 2019.

Sidang pemeriksaan pendahuluan akan dimulai pada 14 Juni 2019. Kemudian, sidang pembuktian pada 17 sampai 21 Juni 2019. Hingga akhirnya pembacaan putusan pada 28 Juni 2019.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved