Angka Laka Lalin Mudik Lebaran 2019 Jatim Turun Drastis, Polda Jatim Ungkap 3 Sebab

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera menuturkan, ada tiga hal yang mendasari turunnya angka kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas)

Angka Laka Lalin Mudik Lebaran 2019 Jatim Turun Drastis, Polda Jatim Ungkap 3 Sebab
ISTIMEWA
Meme mudik lebaran 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luhur Pambudi

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera menuturkan, ada tiga hal yang mendasari turunnya angka kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) selama arus mudik 2019 di Jatim.

Pertama. Kelengkapan Infrastruktur Akses Jalan Bebas Hambatan atau Tol.

Barung menerangkan, satu diantara penyebab menurunnya angka laka lalin dibanding tahun lalu, adalah kelengkapan sarana dan prasarana fisik infrastruktur jalan tol di berbagai wilayah Jatim.

"Kenapa kok turun, pada saat itu memang belum ada rambu, pada saat itu penerangan jalan belum maksimal," katanya saat ditemui awakmedia di ruangannya, Senin (10/6/2019).

"satu faktor yang mendukung kita adalah karena faktor infrastruktur yang cukup lengkap sehingga masyarakat nyaman untuk kembali ke daerahnya masing-masing menggunakan infrastruktur tersebut," lanjutnya.

Kedua. Banyaknya Pusat Layanan Publik.

Barung juga menyebut, beberapa fasilitas layanan bagi para pemudik yang menempuh perjalanan ke kampung halaman, juga turut mempengaruhi turunnya angka laka lalin.

Ratusan fasilitas pos pelayanan informasi publik dan pos layanan bantuan yang tersebar di sepanjang rute utama arus mudik, cukup memudahkan para pemudik saat mengalami hambatan selama di perjalanan.

"Ini juga menjadi faktor humanis, infrastruktur yang memfasilitasi masyarakat menerima informasi di jalan tol itu lebih banyak, seperti pos pelayanan dan pos bantuan," katanya.

Ketiga. Rentetan Program Mudik Gratis yang difasilitasi Pemprov Jatim.

Jadwal Tambahan KA Sembrani Malam Lebaran Dioperasikan hingga 17 Juni, Tiketnya Dijual Rp 750 Ribu

Polisi Periksa Saksi Terkait Robohnya Wahana Kursi Terbang di Malang, Penyebab Karena Listrik Mati

Diduga Keracunan Rawon, Satu Keluarga di Mojokerto Masuk Rumah Sakit, Satu Meninggal Dunia di UGD

Vanessa Angel Tampil Tanpa Kenakan Hijab di Sidang Lanjutan, Begini Reaksinya Ditanya Tampilannya

Barung menyebut, program mudik gratis yang difasilitasi Pemprov Jatim tak kalah penting dalam menekan angka laka lalin selama mudik lebaran 2019.

Program mudik itu menghindarkan warga Jatim bepergian ke kampung halaman yang relatif jauh jaraknya menggunakan kendaraan bermotor.

"layanan mudik gratis juga bisa salah satu faktor mengapa? Karena masyarakat tidak melakukan mudik mangkok secara perorangan menggunakan motor," tandasnya.

Penulis: Luhur Pambudi
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved