Kembali Setia pada NKRI, 4 Mantan Anggota OPM akan Diberi Pekerjaan dan Dibuatkan Rumah

Ajudan petinggi Organisasi Papua Merdeka (OPM) bernama Telangga Gire (30) dan tiga rekannya di Puncak Jaya menyatakan kembali setia pada NKRI.

Kembali Setia pada NKRI, 4 Mantan Anggota OPM akan Diberi Pekerjaan dan Dibuatkan Rumah
Istimewa
Telangga Gire menyerahkan satu pucuk senjata api jenis Mosser kepada Dandim 1714/PJ Letkol Inf Agus Sunaryo diDistrik Ilu, Kabupaten Puncak Jaya, Papua (08/06/2019)(dok Pendam XVII Cenderawasih) 

TRIBUNJATIM.COM, JAYAPURA - Ajudan petinggi Organisasi Papua Merdeka (OPM) bernama Telangga Gire (30) dan tiga rekannya di Puncak Jaya menyatakan kembali setia pada NKRI.

Pernyataan itu disampaikan pada 8 Juni 2019 kemarin.

Telangga mengaku merasa tertipu harus rela hidup di hutan sementara kampung dan kota di Papua mulai maju dengan berbagai pembangunan.

Keputusan Telangga dan rekan-rekannya disambut baik oleh TNI dan Pemkab Puncak Jaya.

(FAKTA KKB Papua Umumkan Perang Pada Indonesia, Ancaman Tembak Mati hingga Prabowo Sudah Bunuh Kami)

"Bupati (Puncak Jaya) menyampaikan, kalau dia mau kembali ke NKRI, Pemda akan fasilitasi pekerjaan dan juga akan membangunkan rumah bagi yang belum punya rumah. Kalau sudah punya rumah nanti akan direhab supaya lebih layak," ujar Kapendam XVII Cenderawasih Kolonel Inf Muhammad Aidi, di Jayapura, Senin (10/6/2019).

Jenis pekerjaan yang akan diberikan nantinya disesuaikan dengan kapabilitas Telangga dan tiga orang rekannya.

Hal ini, pernah diberikan kepada ratusan anggota OPM dan simpatisannya sebelumnya yang juga sudah menyatakan diri kembali ke NKRI.

"Ada yang jadi Satpol PP, pegawai honorer, ada juga yang berkebun. Ini diberikan supaya mereka bisa memiliki kehidupan lebih baik," kata dia.

Sementara, dari aparat keamanan, Telangga dan teman-temannya akan diberikan perlindungan.

Menurut Aidi, keputusan untuk keluar dari OPM yang tergolong sebagai Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) merupakan tindakan yang berisiko, karenanya perlu ada pendampingan agar keselamatan mereka bisa terjaga.

Halaman
12
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved