Puluhan Ribu Orang Berwisata ke Trenggalek selama Libur Lebaran, Teluk Prigi Magnet Terkuat

Puluhan ribu orang bertamasya ke Trenggalek selama libur Lebaran tahun ini. Mereka memadati area wisata unggulan kabupaten yang berada di Pesisir

Puluhan Ribu Orang Berwisata ke Trenggalek selama Libur Lebaran, Teluk Prigi Magnet Terkuat
AFLAHUL ABIDIN/SURYA
Para pengunjung memenuhi Pantai Karanggongso di Teluk Prigi Kabupaten Trenggalek selama libur Lebaran 2019. 

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK - Puluhan ribu orang bertamasya ke Trenggalek selama libur Lebaran tahun ini. Mereka memadati area wisata unggulan kabupaten yang berada di Pesisir Selatan Pulau Jawa itu.

Data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek mencatat, 42.002 orang datang ke objek pariwisata di Trenggalek dalam rentang waktu 6-9 Juni 2019.

Itu baru jumlah wisatawan yang tercatat di sepuluh destinasi wisata. Yakni, Pantai Karanggongso, Pantai Prigi, Gua Lowo, Kolam Renang Tirta Jwalita, Pantai Pelang, Banyu Nget, Bukit Banyon, Pantai Kili-Kili, Pantai Cengkrong, dan Putri Maron.

"Tempat pariwisata yang lain masih kami himpun datanya," ujar Plt Kepala Disparbud Kabupaten Trenggalek, Sunyoto kepada Tribunjatim.com, Senin (10/6/2019).

Dari sepuluh tempat wisata itu, Pantai Karanggongso di kawasan Teluk Prigi masih menjadi magnet utama. Dalam rentang waktu yang sama, pantai itu dikunjungi lebih dari 21.279 orang.

Menyusul, Pantai Pelang yang berada di daerah Kecamatan Panggul. Daerah wisata yang mengandalkan air terjun yang memesona itu dihampiri 8.000 wisatawan.

Pantai Prigi menjadi destinasi andalan wisatawan ketiga dengan tingkat kunjungan 6.600 orang. Tempat wisata lain yang juga dikunjungi ribuan wisatawan adalah Pantai Cenkrong (2.350 orang) dan Bukit Banyon (1.335 orang).

Puncak kunjungan wisatawan terjadi pada 9 Juni 2019.

Sunyoto menyebut, para pengunjung wisata di Trenggalek berasal dari berbagai daerah. Sebagian besar dari berbagai kota di Jawa Timur dan Yogjakarta.

Selama April 2019, 18.652 Wisatawan Asing Mendarat di Jatim, Terbanyak Berkebangsaan Malaysia

Vanessa Angel Tampil Tanpa Kenakan Hijab di Sidang Lanjutan, Begini Reaksinya Ditanya Tampilannya

Ditinggal Jemput Istri Yang Lagi Hamil, Rumah di Gresik Terbakar

"Ada yang dari Surabaya, Kediri, Tulungagung, dan kota-kota lain. Kelihatannya sebagian besar adalah pemudik," ungkap Sunyono kepada Tribunjatim.com.

Ia berkata, potensi pewisata datang ke Trenggalek masih besar hingga H+7 Lebaran. Meski musim libur Lebaran sudah usai, pihaknya masih siap menjadi persinggahan mereka yang memanfaatkan libur sekolah.
Total jumlah akumulasi wisatawan juga bisa bertambah besar apabila ditambahkan dengan kunjungan ke objek-objek wisata baru yang dikelola karangtaruna atau desa.

"Hari ini kami sedang mengumpulkan data dari destinasi wisata yang sikelola masyarakat. Misalnya seperti Tebing Linggo. Itu termasuk wisata baru yang banyak dikenal namun belum terhimpun data pengunjungnya," ujarnya.

Salah satu wisatawan asal Kota Malang, Sukma Negara, mengatakan, tertarik berkunjung ke tempat-tempat wisata sebelum kembali menjalani rutinitas pekerjaan.

Ia memilih ke Trenggalek sekaligus untuk menghampiri anggota keluarga yang banyak tinggal di sana.
Untuk tempat tujuan wisata, ia memilih beberapa deretan pantai di Teluk Prigi sebagai destinasi.

"Setiap lebaran ke rumah keluarga di sini, saya sempatkan buat mampir (berwisata)," ujar bapak dua anak itu. (aflahul abidin/TribunJatim.com).

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved