Festival Kupatan Trenggalek, Warga Durenan Mulai Masak Ratusan Kupat untuk Diarak

'Festival Kupatan' bakal digelar di Trenggalek, Selasa (11/6/2019) atau tujuh hari setelah Lebaran. Beberapa daerah menggelar pesta kupatan secara

Festival Kupatan Trenggalek, Warga Durenan Mulai Masak Ratusan Kupat untuk Diarak
AFLAHUL ABIDIN/SURYA
warga Dusun/Desa Durenan tengah menyiapkan ketupat untuk Festival Ketupat di Kabupaten Trenggalek, Selasa (11/6/2019). Arak-arakan bakal digelar esok harinya. 

TRIBUNJATIM.COM,TRENGGALEK - 'Festival Kupatan' bakal digelar di Trenggalek, Selasa (11/6/2019) atau tujuh hari setelah Lebaran. Beberapa daerah menggelar pesta kupatan secara meriah.

Salah satu perayaan yang menarik digelar di Dusun dan Desa Durenan, Kecamatan Durenan. Di sana, bakal digelar kirab tumpeng ketupat dan lomba kreasi ketupat.

Ketupat untuk tumpeng disiapkan oleh seluruh warga. Masing-masing warga di dusun itu menyumbang lima ikat ketupat berisi 5 biji.

Setidaknya, butuh sekitar 600 biji ketupat untuk memenuhi salah satu tumpeng yang akan diarak. Ada dua tumpeng yang disiapkan, yakni tumpeng lanang dan tumpeng wadon.

Herna Supriyatin (45), warga RT/RW 04/02, tengah mengisi ketupat dengan beras di teras rumahnya. Sejak siang sampai malam hari, dia akan sibuk untuk memasak ketupat dan aneka sayur mayur dan lauknya.

"Ini membuat 50 biji ketupat. Berasnya sekitar 5 kilogram (kg)," kata Herna.

Lima ketupat akan diberikan untuk mengisi tumpeng. Sementara sisanya bakal disajikan di rumah untuk tamu yang berkunjung.

Ada Kupatan Massal, Penjualan Ketupat di Trenggalek Menurun

Pria Telanjang Bulat Tengah Malam Gedor Pintu Rumah Warga, Warga Ketakutan

Ahmad Dhani Tak Bisa Langsung Balik ke Cipinang Seusai Vonis Setahun, Kejati Jatim: Perlu Koordinasi

Saat momen kupatan, silaturahmi warga di daerah Trenggalek tak kalah ramai dibanding ketika Lebaran. Untuk itu, Herna tengah menyiapkan banyak sajian.

Di dapur, ia juga memasak sayur ketewel atau mangga muda dan opor ayam.

Menu pendamping kupat yang disajikan berbeda tiap rumah. Warga yang ekonominya bagus, kata dia, akan menyediakan sate ayam hingga gule kambing.

Halaman
12
Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved