Kronologi Kebakaran Rumah di BTN Asabri Blitar yang Tewaskan 1 Orang, Berawal Lupa Mematikan Kompor

Peristiwa kebakaran rumah di Perumahan BTN Asabri Blok X3, Kelurahan Gedog, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, diduga disebabkan api dari kompor.

Kronologi Kebakaran Rumah di BTN Asabri Blitar yang Tewaskan 1 Orang, Berawal Lupa Mematikan Kompor
SURYA.CO.ID/SAMSUL HADI
Polres Blitar Kota memasang garis polisi di lokasi kebakaran rumah di Perumahan BTN Asabri, Kelurahan Gedog, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Selasa (11/6/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Peristiwa kebakaran rumah di Perumahan BTN Asabri Blok X3, Kelurahan Gedog, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, diduga disebabkan api dari kompor.

Sebelum kebakaran terjadi, pemilik rumah, Sukarman (84) alias Mbah Man memasak air dan ditinggal tidur.

"Korban menyalakan kompor untuk memasak air, lalu ditinggal tidur. Kompornya lupa dimatikan," kata Kepala UPT Pemadam Kebakaran Kota Blitar, Tri Nanang Karyawan, di lokasi kebakaran, Selasa (11/6/2019).

Posisi dapur dan kamar Mbah Man berdekatan. Diduga, api dari kompor menyulut barang-barang yang ada di dapur.

Rumah di Perumahan BTN Asabri Blitar Terbakar, Satu Penghuni Masih Ada di Dalam Rumah

Di dapur terdapat tumpukan kertas dan buku-buku. Lalu, api menjalar ke kamar Mbah Man. Sedangkan Mbah Man masih dalam kondisi tidur.

"Korban sudah lanjut usia. Saat ditemukan kondisi tubuh korban masih di atas kasur," ujar Nanang.

Nanang mengatakan petugas mengerahkan tiga unit mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api.

Bagian rumah yang terbakar hanya di bagian kamar dan dapur. Polres Blitar Kota juga memasang garis polisi di lokasi kebakaran.

Tak Punya Riwayat Penyakit Berat, Kabag Humas UM Meninggal Usai Subuh, Jenazah Dibawa ke Blitar

Sebelumnya, peristiwa kebakaran rumah di Perumahan BTN Asabri Blok X3, Kelurahan Gedog, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, menelan korban jiwa, Selasa (11/6/2019). Pemilik rumah, Sukarman (84) alias Mbah Man tewas terbakar di dalam kamar.

Petugas menemukan tubuh Mbah Man masih berada di atas kasur. Saat ditemukan, Mbah Man sudah dalam kondisi tewas. Begitu api padam, petugas mengevakuasi jasad Mbah Man. Jasad Mbah Man dibungkus kain dan dimasukkan ke mobil ambulans.

Tetangga Mbah Man, Siti Zaenab mengatakan peristiwa kebakaran terjadi sekitar pukul 13.15 WIB.

Awalnya, Zaenab mendengar suara letusan seperti anak-anak sedang menyalakan petasan. Penasaran, Zaenab keluar rumah untuk mencari suara letusan seperti petasan.

"Saya menengok keluar ternyata sudah ada kepulan asap dari rumah Mbah Man. Berarti suara letusan seperti petasan itu berasal dari rumah Mbah Man yang terbakar," kata Zaenab yang posisi rumahnya di seberang rumah Mbah Man.

Menurut Zaenab, posisi asap muncul dari kamar Mbah Man. Kamar Mbah Man berada di bagian samping kiri rumah.

Diduga, api kali pertama muncul dari kamar Mbah Man. "Mbah Man tinggal di rumah itu bertiga bersama anak dan menantunya. Saat itu, anak dan menantunya keluar. Mbah Man di rumah sendiri mungkin sedang tidur," ujarnya.

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved