Pemkab Sidoarjo Bakal Rombak Ganti Buku Uji Kir Kendaraan dengan Smartcard

Pemkab Sidoarjo bersiap merombak sistem uji kir kendaraan di Kota Delta, Sidoarjo. Cara-cara konvensional bakal diubah

Pemkab Sidoarjo Bakal Rombak Ganti Buku Uji Kir Kendaraan dengan Smartcard
SURYA/M TAUFIK
Petugas Dishub Sidoarjo saat melakukan beberapa persiapan menjelang pemberlakukan sistem cashless dalam layanan uji kir di Sidoarjo. 

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Pemkab Sidoarjo bersiap merombak sistem uji kir kendaraan di Kota Delta, Sidoarjo.

Cara-cara konvensional bakal diubah dengan sistem digital yang modern dan terkoneksi langsung ke Kementrian Perhubungan.

Mengawali langkah perubahan itu, Pemkab Sidoarjo menyiapkan perangkat hukumnya. Yakni rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang pengujian kendaraan bermotor.

"Isu strategis di bidang transportasi adalah masalah kecelakaan dan lingkungan. Dua persoalan itu, salah satu faktornya adalah kondisi kendaraan," ungkap Bupati Sidoarjo Saiful Ilah dalam Rapat Paripurna penyampaian nota penjelasan tentang Raperda pengujian kendaraan bermotor di gedung DPRD Sidoarjo, Selasa (11/6/2019).

Dengan perbaikan sistem pengujian kelaikan kendaraan, persoalan-persoalan itupun bisa ikut ditekan. Tentu, pelayanan juga diharapkan semakin bagus menggunakan teknologi yang mumpuni, serta sistem yang baik.

"Salah satunya, dengan penerapan smartcard untuk menggantikan buku uji kir," lanjut Bupati Saiful Ilah kepada Tribunjatim.com.

Kuasa Hukum Ahmad Dhani Sebut Vonis Kasus Vlog Idiot Tidak Berkekuatan Hukum Tetap

Tangkap Buronan Bandar Sabu 2 Tahun, Polres Pamekasan Borong 4 Pengedar Narkoba ke Penjara

SBMPTN 2019 Telah Dibuka, Simak Jadwal Penting, Syarat hingga Tahapan Pendaftaran!

Rencana penerapan teknologi dan sistem online dalam uji kir kendaraan di Sidoarjo ternyata sudah disiapkan sejak beberapa waktu lalu oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Sidoarjo.

Kadishub Bahrul Amiq menceritakan bahwa pihaknya telah presentasi ke Kementrian Perhubungan (Kemenhub), kemudian kementrian sendiri juga telah memberikan lampu hijau terkuat rencana moderenisasi sistem uji kir kendaraan.

"Menurut Kemenhub, Sidoarjo sudah dianggap siap untuk menerapkan sistem ini. Di Indonesia, sejuah ini baru sekitar empat daerah yang dirasa siap," ungkap Amiq kepada Tribunjatim.com.

Jika Perda segera terbit dan perlengkapannya terpenuhi, Sidoarjo bakal menjadi daerah pertama yang menggunakan smartcard untuk uji kir kendaraan.

Halaman
12
Penulis: M Taufik
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved