Intip Meriahnya Tradisi Lebaran Ketupat di Kabupaten Gresik, Ada Sajian Tumpeng Ketupat Raksasa

Memasuki hari ketujuh lebaran atau Lebaran Ketupat dirayakan meriah di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik.

Intip Meriahnya Tradisi Lebaran Ketupat di Kabupaten Gresik, Ada Sajian Tumpeng Ketupat Raksasa
SURYA.CO.ID/WILLY ABRAHAM
Tumpeng ketupat raksasa peringati hari lebaran ketujuh, Rabu (12/6/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Memasuki hari ketujuh lebaran atau Lebaran Ketupat dirayakan meriah di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik. Tumpeng ketupat raksasa dibagikan kepada warga yang kurang mampu.

Selain diisi ketupat, tumpeng berukuran 2 meter lebih tersebut diisi dengan lauk pauk, buah-buahan serta sayuran sebagai hiasan.

Warga tidak perlu bergerombol untuk berebut sebab tumpeng yang berbentuk kerucut tersebut dibagikan secara cuma-cuma ke warga yang kurang mampu.

Ratusan Warga Antusias Tonton Arak-arak Festival Ketupat Trenggalek, Berebut Tumpeng Tinggi 2 Meter

Tumpeng tersebut diletakkan di pendopo desa dan dihadiri ribuan warga dan di doakan bersama seluruh elemen masyarakat.

"Selain dimakan bersama, acara tersebut juga untuk halal bihalal, silaturahmi warga," ujar Kepala Desa Sekapuk, Abdul Halim, Rabu (12/6/2019).

Halim menyatakan, ribuan ketupat yang disajikan dengan kuah bersantan dan lauk daging itu dihidangkan ke seluruh warga desa yang hadir.

Hari Raya Kupatan, Warga Desa Boyolangu Tulungagung Ramai-ramai Nikmati Ketupat Gratis Aneka Lauk 

Panitia acara yang terdiri dari Kades, Sekdes, Perangkat desa, Ketua RT dan Ibu PKK bertugas membagikan ketupat kepada warga.

"Kami yang membagikan ketupatnya, jadi filosofi Pemdes sebagai pelayan warga, kami melayani seluruh warga yang hadir di kegiatan ini," tambahnya.

Sementara itu, Camat Ujungpangkah Roedi Purwanto mengapresiasi langkah pihak desa yang menghidupkan tradisi kupatan dengan berbagai kegiatan yang cukup meriah.

Selain sebagai langkah melestarikan tradisi, kegiatan ini tambah Roedi sebagai wujud keakraban antara Pemdes dan warganya.

"Acara seperti ini bisa menjadi contoh bagi desa-desa yang lain," ungkapnya.

Penulis: Willy Abraham
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved