Rumah Politik Jatim

Muncul Nama Rahmat Muhajirin di Bursa Pilbup Sidoarjo 2020, Modalnya Lolos DPR RI & Suara Banyak

Muncul Nama Rahmat Muhajirin di Bursa Pilbup Sidoarjo 2020, Modalnya Lolos DPR RI & Suara Banyak.

Muncul Nama Rahmat Muhajirin di Bursa Pilbup Sidoarjo 2020, Modalnya Lolos DPR RI & Suara Banyak
SURYA/M TAUFIK
Wakil Ketua DPD Gerindra Jawa Timur Abdul Malik 

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Nama-nama tokoh yang digadang-gadang maju sebagai calon Bupati Sidoarjo terus bermunculan.

Termasuk Rahmat Muhajirin, politisi Gerindra yang mendulang banyak suara dalam Pemilu 2019 kemarin.

Menurut Wakil Ketua DPD Gerindra Jatim Abdul Malik, Rahmat Muhajirin cocok untuk maju menjadi calon orang nomor satu di Kota Delta.

Daftar 4 Kader PKB yang Digadang Akan Maju Dalam Bursa Pencalonan Bupati di Pilkada Sidoarjo 2020

Manuver PKB di Pilkada Tuban 2020 Paling Ditunggu, Berikut Nama-nama Kandidat Kuat yang Muncul

Jaga Kondusivitas Pasca Pilkada Serentak 2019, Pemprov Jatim Raih Penghargaan Provinsi Terbaik Timdu

"Popularitasnya sudah jelas, elektabilitas juga terbukti. Dia mendapat suara sangat banyak dalam Pemilu kemarin," kata Abdul Malik kepada TribunJatim.com, Rabu (12/6/2019).

Ya, dalam Pemilu Kemarin, Rahmat Muhajirin meraup 86.274 suara sehingga lolos menjadi anggota DPR RI dari dapil Surabaya-Sidoarjo. Mayoritas suaranya didapat di Sidoarjo.

"Dia orangnya merakyat, dan secara finansial juga mumpuni. Sehingga menurut kami, Rahmat Muhajirin layak maju menjadi calon Bupati Sidoarjo," tandasnya.

Ditambah lagi, istri Rahmat Muhajirin, Mimik Idayana juga meraup suara yang sangat banyak dalam pencalonannya sebagai anggota DPRD Sidoarjo.

Mimik meraup sekitar 20.000 suara. Angka itu menjadi perolehan suara tertinggi di DPRD Sidoarjo dalam Pileg 2019 kemarin. "Itu juga modal yang luar biasa untuk Rahmat Muhajirin maju sebagai calon Bupati," tukas Malik.

Dalam penentuan calon bupati, diungkapkan Malik, Gerindra biasanya menggelar survei terlebih dulu melalui DPC dan sebagainya. Kemudian nama diusulkan ke DPD, dan DPD yang merekomendasikan ke DPP.

"Kordapil mengawali pencarian calon lewat DPC. Nanti yang memutuskan memang DPP, tapi berdasar rekomendasi dari DPD," urai pria yang juga menjabat sebagai Kordapil Gerindra Sidoarjo-Surabaya ini.

Kendati demikian, Malik mengakui bahwa partainya tidak mungkin sendirian mengusung calon dalam Pilbup Sidoarjo tahun depan. Tetap harus berkoalisi dengan partai lain.

Malik menyebut partainya membuka peluang koalisi dengan partai-partai lain di Sidoarjo. Seperti Demokrat, PAN, dan sejumlah partai lain.

"Komunikasi akan dilakukan," ujarnya.

Dengan koalisi yang dibangun nanti, diharapkan akan ada pasangan sesuai untuk Rahmat Muhajirin. Malik menyebut, sosok paling pas untuk disandingkan dengan Rahmat Muhajirin adalah calon lain dengan basic birokrasi alias birokrat.

"Ada beberapa nama yang bagus. Dari kalangan dinas, serta beberapa instansi pemerintah lainnya," pungkasnya.

Penulis: M Taufik
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved