Tokoh-tokoh di Kota Blitar Ajak Masyarakat Cegah Aksi Kerusuhan Jelang Sidang Sengketa Pilpres di MK

tokoh mengimbau masyarakat Kota Blitar tetap tenang menjelang pelaksanaan sidang perdana sengketa pemilihan presiden (Pilpres) 2019 di Mahkamah Konst

Tokoh-tokoh di Kota Blitar Ajak Masyarakat Cegah Aksi Kerusuhan Jelang Sidang Sengketa Pilpres di MK
SURYA/SAMSUL HADI
Ketua MUI Kota Blitar, H Subakir. 

 TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Sejumlah tokohmengimbau masyarakat Kota Blitar tetap tenang menjelang pelaksanaan sidang perdana sengketa pemilihan presiden (Pilpres) 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK) pada Jumat (14/6/2019).

Masyarakat diminta untuk mempercayakan proses penanganan sengketa Pilpres ke MK.
Seperti diungkapkan Plt Wali Kota Blitar, Santoso, Rabu (12/6/2019).

Santoso mengajak masyarakat Kota Blitar bersama-sama mencegah aksi kerusuhan dan kekerasan menjelang sidang sengketa Pilpres di MK.

Dia juga meminta masyarakat menghindari sikap provokatif dan ujaran kebencian yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

"Saya mengajak masyarakat tenang menjelang sidang perdana sengketa Pilpres di MK. Apapun hasil keputusan MK nanti, mari kita hormati," kata Santoso.

Menurutnya, penanganan sengketa Pilpres di MK itu sudah sesuai jalurnya. Masyarakat harus percaya dengan keputusan MK. Siapa saja nanti yang akan menjadi presiden, semua harus bisa menerima.

Prabowo & Maruf Amin Imbau Masyarakat Tunggu Keputusan MK, Bersikap Dewasa & Tidak Mudah Terpancing

Timnas Indonesia Vs Vanuatu, Yanto Basna Kemungkinan Tidak Bisa Bela Tim Garuda

Ketua MUI Gresik Minta Warga Tolak Ajakan Aksi Rusuh Soal Pilpres

"Terpenting lagi, masyarakat harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," ujarnya kepada Tribunjatim.com.

Hal sama dikatakan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Blitar, H Subakir. Subakir menyatakan mendukung proses penyelesaian sengketa Pilpres di MK.

Dia juga meminta masyarakat Kota Blitar menunggu hasil keputusan dari MK. Masyarakat Kota Blitar tidak perlu ikut ke Jakarta untuk melihat sidang perdana sengketa Pilpres di MK.

"Cukup ditunggu di Kota Blitar saja. Apapun nanti hasilnya, semua harus menghormatinya. Jangan sampai ada dendam dan permusuhan lagi dari hasil keputusan MK," kata Subakir kepada Tribunjatim.com.

Ketua PD Muhammadiyah Kota Blitar, Rudi Rianto juga mengajak semua umat muslim untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan menjelang sidang perdana sengketa Pilpres di MK.

Dia meminta umat muslim tidak ikut-ikutan terpancing dengan kegiatan yang belum diketahui kebenarannya.

"Saya minta umat Islam merapatkan barisan untuk tetap menjaga suasana kondusif. Jangan mudah ikut-ikutan dengan kabar yang belum diketahui kebenarannya," katanya. (sha/Tribunajatim)

 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved