Bawaslu Jatim Kirim Bukti Untuk Sengketa Pilpres di MK, Isinya Jumlah DPT & Penanganan Pelanggaran

Bawaslu Jatim Kirim Bukti Untuk Sengketa Pilpres di MK, Isinya Jumlah DPT & Penanganan Pelanggaran.

Bawaslu Jatim Kirim Bukti Untuk Sengketa Pilpres di MK, Isinya Jumlah DPT & Penanganan Pelanggaran
Komisioner Bawaslu Jatim, Purnomo Satriyo Pringgodigdo 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Sidang sengketa Pilpres 2019 yang telah masuk ke MK dan akan disidangkan, Bawaslu Jatim telah mengirimkan sejumlah bukti ke Bawaslu RI.

Komisioner Bawaslu Jatim Purnomo Satriyo Pringgodigdo mengatakan, segala bukti yang telah dikirimkan itu merupakan hasil pengawasan pihaknya selama proses Pilpres 2019 17 April lalu di Jatim.

11 Penyelenggara Pemilu 2019 di Kediri Dilaporkan ke Bawaslu

Pemilu Lancar, Bawaslu Gresik Berikan Santunan Kepada Yatim Piatu

Bawaslu Tolak Laporan Dugaan Pelanggaran Administrasi Pemilu, Dian Islami Serahkan ke Tim Hukum BPN

"Yang Pilpres kami sudah menyerahkan ke Bawaslu RI," ujarnya kepada TribunJatim.com saat dikonfirmasi, Kamis (13/6/2019).

Menurut Purnomo, sapaan akrabnya, sejumlah bukti yang diserahkan ke Bawaslu RI tersebut disesuaikan dengan kebutuhan tuntutan pemohon dalam sengketa Pilpres 2019 di MK, baik berupa bukti maupun laporan yang diterima pihaknya.

Ia mengatakan, sejumlah bukti itu termasuk jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di beberapa TPS hingga beberapa proses penanganan dugaan pelanggaran yang terjadi di Kabupaten/Kota di Jatim.

Terkait Pemungutan Suara Ulang (PSU) di beberapa tempat di Jatim, Purnomo mengatakan, masih belum dibutuhkan dalam persidangan sengketa Pilpres 2019 tersebut.

"kalau dilihat dari dalilnya, kan hampir tidak ada yang menyebutkan PSU toh. jadi kami hanya menjawab pokok aduan dari pemohon," tutup Purnomo.

diketahui, sengketa hasil Pilpres 2019 yang dibawa pihak Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi ke Mahkamah Konstitusi Jumat (24/5/2019), dan saat ini sedang diproses.

Sesuai tahapan, sidang perdana sengketa Pilpres 2019 akan dilaksanakan 14 Juni esok.

Penulis: Yusron Naufal Putra
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved