Gelar Halal Bihalal, Wabup Jember Sampaikan Maksud Mempertemukan Hati untuk Saling Memaafkan

Dalam acara halal bihalal, seorang muslim tidak hanya bertemu wajah. Momen tersebut mempertemukan hati setiap muslim untuk saling memaafkan.

Gelar Halal Bihalal, Wabup Jember Sampaikan Maksud Mempertemukan Hati untuk Saling Memaafkan
sri wahyunik/surya
Wakil Bupati Jember KH Abdul Muqit Arief. 

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Dalam acara halal bihalal, seorang muslim tidak hanya bertemu wajah. Momen tersebut mempertemukan hati setiap muslim untuk saling memaafkan.

Demikian disampaikan oleh Wakil Bupati Jember KH Abdul Muqit Arief saat menghadiri halal bihalal di SMP Negeri 1 Silo, Jember, Kamis (13/6/2019).

"Halal bihalal tidak hanya bertemu wajah, tetapi juga bertemu hati. Tidak hanya berjabat tangan, tetapi juga berjabat hati," ujar Kiai Muqit.

Penggunaan Listrik Kelompok Rumah Tangga di Jember Masih Rendah, Unej Terjunkan Tim Survei

Kiai Muqit juga menyatakan, tradisi yang diadakan setiap pada bulan Syawal itu digelar dengan cara berkumpul dan makan bersama, serta saling bermaaf-maafan.

Pria yang juga pengasuh Ponpes Al Falah Silo ini menerangkan bulan Syawal artinya peningkatan. Maka bulan ini adalah peningkatan dan mempertahankan kebaikan ibadah di bulan Ramadan.

"Pada bulan Ramadan tidak hanya belajar disipilin dalam beribadah, tetapi juga mengasah kepedulian kepada sesama," jelasnya.

Mayat Laki-Laki Ditemukan di Kaliwates Jember Samping Rel Kereta Api

Setelah itu, pada Syawal ini baru bisa memaknai bulan Ramadan dalam kehidupan. Sehingga, masuk bulan Syawal ini muslim memiliki peningkatan ibadah, persaudaraan, keharmonisan hubungan di lingkungam kerja, keluarga, serta berbangsa dan bernegara.

Sementara itu, arti dari minal aidin wal faizin, lanjutnya, adalah semoga kita sama-sama kembali kepada fitrah dan termasuk orang yang beruntung. Maka, bermaaf-maafan akan memperbaiki hablumminannas yaitu hubungan antarmanusia.

"Karena memiliki salah kepada manusia tidak hanya bisa beristighfar, tetapi meminta maaf kepada yang bersangkutan yaitu orang yang pernah kita sakiti," tegasnya.

Masih Manggung di Sumba, Rosa Meldianti Bakal Melayat Ayah Dewi Perssik di Jember Malam Nanti

Meminta maaf, imbuhnya, adalah perbuatan sederhana. Tetapi juga banyak orang yang melakukannya secara tidak tulus.

"Ketika kita meminta maaf, maka meminta maaflah dengan tulus. Ketika diminta memaafkan maka berilah maaf dengan tulus," tuturnya.

Kepala Sekolah SMPN 1 Silo, Irianang menyampaikan terima kasih kepada wabup atas kehadirannya pada acara halal bihalal SMPN 1 Silo.

Irianang menjelaskan, sekolah yang dipimpinnya memiliki kegiatan keagaman untuk membangun pendidikan karakter anak didik.

Ia juga mengajak kepada semua guru dan karyawan SMP Negeri 1 Silo agar pada momen bulan Syawal ini untuk terus meningkatkan kebaikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Terimakasih kepada bapak wabup, karena sudah menyempatkan datang," kata Irianang.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved