Kota Malang Daftar 10 Kota Kreatif Indonesia, Satu-satunya yang Menang di Game Developing

Badan Ekonomi Kreatif (BeKraf) menetapkan kota Malang masuk dalam 10 nomisasi kota/kabupaten kreatif bersama 9 kota/kabupaten lainnya.

Kota Malang Daftar 10 Kota Kreatif Indonesia, Satu-satunya yang Menang di Game Developing
Istimewa
Wali Kota Malang Sutiaji saat bertemu dengan pihak Bekraf di Kota Malang, Kamis (13/6/2019) - SURYA/HUMAS PEMKOT MALANG 

TRIBUNJATIM,COM, KLOJEN - Asa tinggi disematkan ke Kota Malang selaku role model kota kreatif di Indonesia.

Hal tersebut mengemuka saat Badan Ekonomi Kreatif (BeKraf) menetapkan kota Malang masuk dalam 10 nomisasi kota/kabupaten kreatif bersama 9 kota/kabupaten lainnya.

Selain Kota Malang, kota lainnya adalah Palembang, Majalengka, Semarang, Rembang, Surakarta, Kutai Kartanegara, Balikpapan, Gianyar dan Denpasar.

Berdasarkan rilis yang dikeluarkan Humas Pemkot Malang, tahap finalisasi penilaian dilakukan di Jakarta oleh kepala daerah di hadapan Tim Juri pada 18 Juni 2019.

(Gegara Komunitas Game Develepor Malang, Kota Malang Masuk 10 Nominasi Kota Kreatif di Indonesia)

Kemudian akan ditetapkan empat role model kabupaten/kota kreatif Indonesia.

Yang menarik dan berbeda dibanding daerah lain, Kota Malang masuk nominasi pada sub sektor aplikasi dan game.

"Ini baru pertama dan satu satunya. Daerah-daerah lain kebanyakan bergerak pada sub sektor kuliner, kriya atau fashion. Kota Malang sangat spesifik dan kekinian, tentu ini jadi poin tersendiri, " kata Loli Amalia Abdullah, Tim PMK3I Deputi Infrastruktur BeKraf, Kamis (13/6/2019).

Keberadaan ekonomi kreatif khususnya komunitas start up dan atau game developers mampu mewadahi para sarjana dari berbagai disiplin ilmu.

"Karena bicara aplikasi, bicara game itu tidak hanya bicara IT tapi juga ada pelibatan beberapa aspek. Sehingga ke depan sektor ekonomi kreatif di bidang aplikasi dan game di Kota Malang mampu menjadi rujukan ideal, "demikian imbuh Loli.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, komitmen membangun ekonomi kreatif tertuang secara tegas dalam salah satu misi Kota Malang dan telah dipayungi dalam peraturan daerah.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved