Masih Bandel, Banyak Masyarakat Tinggalkan Sampah di Kursi Tunggu RSUD Dr Soetomo Surabaya

Masih banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan di RSUD Dr Soetomo, terutama pada area tunggu IGD yang halaman sebelah barat

Masih Bandel, Banyak Masyarakat Tinggalkan Sampah di Kursi Tunggu RSUD Dr Soetomo Surabaya
SURYA/CHRISTINE AYU NURCHAYANTI
Potret banyaknya sampah yang tercecer pada area tunggu tepatnya di halaman samping gedung IGD. Hal ini karena kurangnya kesadaran para pengunjung dalam membuang sampah di tempat sampah, Kamis (13/6). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Masih banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan di RSUD Dr Soetomo, terutama pada area tunggu IGD yang berlokasi di halaman sebelah barat gedung.

Tampak berbagai sampah mulai dari plastik air minum, putung rokok, kemasan makanan, hingga sisa-sisa makanan tercecer dan memberi kesan kotor. Padahal tempat sampah tersedia tak jauh dari area tersebut.

Hal ini disayangkan oleh Wahyu, seorang guru Seni Budaya. Pria 28 tahun ini menilai seharusnya di lingkungan kesehatan tidak ada sampah yang berserakan.

"Selain memberi kesan kotor dan kumuh, sampah yang berserakan juga bisa menjadi bibit penyakit. Masyarakat seharusnya sadar akan hal ini. Sayangnya, masih belum," tutur Wahyu.

(Dewan Soroti Lemahnya Penindakan Pembuang Sampah Sembarangan, Wali Kota Malang: Kita Kekurangan PPNS)

Pengunjung rumah sakit lainnya, Setiadi, juga menuturkan hal yang serupa.

"Masyarakat dan pengelolah rumah sakit sama-sama memiliki andil dalam menjaga kebersihan. Tak bisa hanya mengandalkan satu pihak saja, misalnya hanya mengandalkan petugas kebersihan rumah sakit," Setiadi menuturkan.

RSUD Dr Soetomo, lanjutnya, merupakan salah satu rumah sakit yang besar dan kerap menjadi rumah sakit rujukan. Sepatutnya bisa dijadikan contoh, termasuk dalam hal kebersihan.

"Pengunjung yang duduk menunggu pun saya rasa juga akan terganggu. Bukan hanya pemandangan yang jelek, tapi juga berpotensi membuat bau yang tak sedap," cuap Setiadi

"Apalagi juga banyak yang meludah sembarangan, belum lagi putung rokok yang bercecer dimana-mana," tambahnya

Baik Wahyu maupun Setiadi, sama-sama berharap masyarakat ikut serta menjaga kebersihan untuk kenyamanan bersama.

(Tegakkan Perda Pengelolaan Sampah, Pemkot Malang Berencana Tambah Penyidik dan Pasang CCTV di Sungai)

Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved