Rencana Pembangunan Destinasi Wisata Kampung Arema di Wilayah Malang Raya Mulai Dilirik Investor

Wali Kota Malang Sutiaji, mengatakan ada beberapa investor yang tertarik bekerja sama dalam pembangunan destinasi wisata Kampung Arema.

Rencana Pembangunan Destinasi Wisata Kampung Arema di Wilayah Malang Raya Mulai Dilirik Investor
SURYA/RIFKI EDGAR
Perkampungan di Kampung Biru Arema. Wali Kota Sutiaji mengatakan Kampung Arema ini nantinya akan dijadikan sebagai miniatur Malang Raya. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Aminatus Sofya

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Wali Kota Malang Sutiaji, mengatakan ada beberapa investor yang tertarik bekerja sama dalam pembangunan destinasi wisata Kampung Arema. Kampung Arema ini rencananya akan dibangun di lahan seluas 25 hektare di Tasikmadu, Kecamatan Lowokwaru.

"Sudah ada investor kemarin yang tertarik. Masih kami lihat mana yang cocok," kata Sutiaji di Malang, Kamis (13/6/2019).

Ia menjelaskan sebelum kawasan tersebut dibangun sebagai destinasi wisata, Pemkot Malang harus lebih dulu dimasukkan dalam rancangan tata ruang dan tata wilayah (RTRW) perubahan.

Posisi Kepala OPD yang Kosong Bakal Terisi Juli Nanti, Ada 3 OPD yang Akan Dilebur Pemkot Malang

Masih Ada Kerja Sama dengan Pihak Lain, Tiga Pasar di Malang Belum Bisa Direvitalisasi

Nantinya, kampung tersebut akan menjadi miniatur Malang Raya yang akan menampilkan kearifan lokal dan hal yang menjadi ciri khas Malangan baik dari Kota Malang, Kota Batu dan Kabupaten Malang.

"Meskipun sudah ada investor, tapi hal pertama yang kami butuhkan adalah wilayah itu kami masukkan ke dalam perubahan ke RTRW," ujarnya.

Kasi Destinasi Dinas Pariwisata Kota Malang, Endang Sumarlik mengatakan pembangunan Kampung Arema akan dikerjakan pada tahun 2020. Namun sebelumnya, akan dilakukan beberapa kajian termasuk menyusun Detail Engineering Design (DED).

"Masih banyak yang harus dikaji untuk mewujudkan Kampung Arema," ucap dia.

Selain Kampung Arema, destinasi wisata kampung juga telah Dikembangkan Pemkot Malang yakni Kampung Warna Warni yang cukup dikenal, Kampung Biru, Kampung Putih, Kampung 3D, Kayutangan dan Kampung Glintung.

Penulis: Aminatus Sofya
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved