BPD Gresik Temukan Anggaran Rp 90 Juta untuk Makam, Saat Dicek Keranda Mayat Masih Lawas

Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Kebonagung Kecamatan Ujungpangkah melaporkan dugaan penyerapan dana desa fiktif.

BPD Gresik Temukan Anggaran Rp 90 Juta untuk Makam, Saat Dicek Keranda Mayat Masih Lawas
Istimewa
MAKAM - Kondisi tempat keranda makam Desa Kebonagung Kecamatan Ujungpangkah yang masih kondisi sederhana, Jumat (14/6/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Anggota Badan permusyawaratan desa (BPD) Desa Kebonagung Kecamatan Ujungpangkah melaporkan dugaan penyerapan dana desa fiktif.

Aksi ini diduga dilakukan oknum mantan kepala desa (Kades) setempat yang sudah masa tugas.

Husnul Kholiq anggota BPBD Kebonagung Kecamatan Ujungpangkah mengatakan, ada dugaan penyerapan uang APBDesKebonagung sebesar Rp 90,133 Juta yang fiktif untuk pembangunan sarana makam.

Dari Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Desa (LPPD) Kebonagung tahun 2018 sudah menyerap anggaran sebesar 100 persen.

(39 Ton Botol Plastik Ongkos Suroboyo Bus Dilelang, Laku Rp 150 Juta, Dimasukkan Pemkot ke APBD)

"Tapi setelah dikroscek di lapangan, pembangunan sarana makam dan tempat keranda mayat masih bangunan yang lama," kata Husnul Kholiq, Jumat (14/6/2019).

Anggota BPBD Kebonagung pun melaporkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik,

"Niatan saya melaporkan karena melihat anggaran dana desa yang digunakan tidak sewajarnya alias fiktif, sebab tahun anggaran sudah selesai tapi realisasinya tidak ada. Mudah-mudahan bisa memperbaiki kades berikutnya," katanya.

Sementara Kasi Pidsus Kejari Gresik Andrie Dwi Subianto mengatakan bahwa pengaduan yang dilaporkan ke Kejari Gresik belum turun. "Belum turun pengaduannya," kata Andrie.

Reporter: Surya/Sugiyono.

(Kasus Korupsi Uang Ketok APBD, Kepala Bappeda Tulungagung Akui Diperiksa KPK, Dimintai Berkas Data)

Penulis: Sugiyono
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved