Pemkab Malang Disebut Layangkan Gugatan Terkait Pemanfaatan Air, Perumda Tirta Angkat Bicara

Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang buka suara terkait beredarnya kabar gugatan yang dilayangkan Pemerintah Kabupaten Malang ke Kementerian PUPR

Pemkab Malang Disebut Layangkan Gugatan Terkait Pemanfaatan Air, Perumda Tirta Angkat Bicara
SURYA/BENNI INDO
Wali Kota Malang Sutiaji (tengah) didampingi Dirut PDAM Kota Malang, M Nor Muhlas (kiri) dan Sekda Wasto (kanan) saat meninjau sumber air PDAM Kota Malang di Wendit, Jumat (14/6/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, KEPANJENPerumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang buka suara terkait beredarnya kabar gugatan yang dilayangkan Pemerintah Kabupaten Malang ke Kementerian PUPR.

Kabarnya, gugatan itu terkait empat SK berkaitan dengan pemanfaatan sumber air yang melibatkan Pemerintah Kota Malang dan Kabupaten Malang.

Disebut-sebut, salah satunya adalah SK No.928/KPTS/M/2018 untuk penerbitan 3 SIPA di Sumber Wendit 1,2,3 bagi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) kota Malang.

 Direktur Umum Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang, Tutik Wadjawati menjelaskan, polemik tersebut murni melibatkan dua pemerintah daerah. Yakni, Pemerintah Kabupaten Malang dan Pemerintah Kota Malang.

(Pria Malang Ditemukan Tewas di Penginapan Blitar, Tidur Semalam Besoknya Tak Bergerak)

"Kalau soal itu (gugatan) ditangani langsung oleh Pemerintah Kabupaten Malang. Bukan Perumda yang menangani gugatan atau sebagainya," ucap Tutik.

"Jadi itu kan permasalahan antara dua pemerintah daerah bukan dengan sisi PDAMnya atau perumda (Perusahaan umum daerah)," terang Tutik ketika dikonfirmasi, Minggu (16/5/2019).

Meski tersiar kabar adanya gugatan yang dilayangkan Pemkab Malang terkait Sumber Air Wendit, Tutik memastikan tak akan mempengaruhi pelayanan air PDAM di Kabupaten Malang.

"Tidak ada masalah dalam pelayanan kami di Kabupaten Malang secara keseluruhan," ujarnya.

Di sisi lain, kabar resmi mengenai gugatan yang dilayangkan Pemkab Malang terkait Sumber Air Wendit masih belum terkonfirmasi.

Pasalnya, Plt Bupati Malang Plt Bupati Malang, Sanusi sampai saat ini belum bisa dikonfirmasi terkait adanya gugatan yang dilayangkan.

Reporter: Surya/Erwin Wicaksono

(Debit Air di Kota Malang Dapat Sorotan, Wali Kota Sutiaji Pantau Sumber Air PDAM di Wendit)

Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved