1 dari 4 warga Terjangkit Hipertensi, Pemkab Malang Gandeng Rumah Sakit Universita Brawijaya

Pemerintah Kabupaten Malang menyatakan kesiapannya dalam upaya menurunkan angka penderita penyakit hipertensi di Kabupaten Malang.

1 dari 4 warga Terjangkit Hipertensi, Pemkab Malang Gandeng Rumah Sakit Universita Brawijaya
SURYA/ERWIN WICAKSONO
Plt Bupati Malang, Muhammad Sanusi saat menerima kunjungan Direktur Rumah Sakit Universitas Brawijaya, dr. Sri Andarini di Ruang Kerja Bupati Malang, Pendopo Agung Kabupaten Malang, Senin (17/6/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, KEPANJEN - Pemerintah Kabupaten Malang menyatakan kesiapannya dalam upaya menurunkan angka penderita penyakit hipertensi di Kabupaten Malang.

Hal tersebut disampaikan Plt Bupati Malang, M Sanusi saat menerima kunjungan Direktur Rumah Sakit Universitas Brawijaya, dr. Sri Andarini pada  Senin (17/6/2019).

Menurut Sanusi, program Smarthealth seirama dengan tugas pelayanan dasar Pemerintah Kabupaten Malang diantaranya adalah di bidang pendidikan dan kesehatan.

Mengingat, dari hasil penelitian di empat desa yang menjadi tempat kajian tercatat penderita hipertensi diantara usia 45-49 tahun.

(Masih Jadi Plt Bupati Malang, M Sanusi Disebut Tak Boleh Gelar Mutasi, Inspektorat: Bukan Masalah)

''Untuk anggaran coba di kolaborasikan oleh pihak UB dari pendanaan George Institute, semoga agar bisa dimintakan lagi. Nanti kurangnya dari APBD, dan kurangnya lagi dimintakan ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur," ungkap Sanusi.

Di sisi lain, Direktur RS UB Sri Andirini menyampaikan, program Smarthealth bertujuan untuk membantu masyarakat di Kabupaten Malang paham mengenai bahaya penyakit hipertensi.

Program Smarthealth bersama George Institute sudah terlaksana di tahun 2016.

UB juga melatih para kader ini untuk bisa memeriksa gula darah, hipetensi dan sebagainya.

Tercatat sebanyak 24 ribu orang yang sudah diperiksa sehingga bisa melihat berapa jumlah yang menderita dan beresiko tinggi. Riset yang sudah dilakuk di empat desa.

Di antaranya di Desa Sidorahayu Kecamatan Wagir, Desa Sepanjang Kecamatan Gondanglegi, Desa KarangdurenKecamatan Pakisaji, dan Desa Kepanjen Kecamatan Kepanjen.

Halaman
12
Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved