Jalan Prigi-Panggul Via Munjungan Lelang Ulang, Bupati Trenggalek Cek Naik Trail

Jalan Prigi-Panggul via Munjungan rencananya akan dibangun tahun ini dengan dana senilai Rp 18 miliar. Pembangunan dilakukan oleh Pemkab Trenggalek.

Jalan Prigi-Panggul Via Munjungan Lelang Ulang, Bupati Trenggalek Cek Naik Trail
AFLAHUL ABIDIN/SURYA
Bupati Trenggalek M Nur Arifin bersama beberapa perwakilan Organisasi Perangkat Daerah mengecek Jalan Lintas Selatan Prigi-Panggul via Munjungan, Selasa (17/6/2017) 

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK – Jalan Prigi-Panggul via Munjungan rencananya akan dibangun tahun ini dengan dana senilai Rp 18 miliar. Pembangunan dilakukan oleh Pemkab Trenggalek.

Jalur ini nantinya akan menjadi penyambung Jalan Lintas Selatan (JLS) Tulungagung-Prigi yang dibangun pemerintah pusat.

Pembangunan jalan ini masih dalam tahap lelang. Setidaknya, proses lelang untuk jalan tersebut sudah gagal tiga kali. Penyebabnya, penawar lelang sedikit dan tak memenuhi kualifikasi.

“Makanya kemarin (Senin. 17/6/2019) saya cek, naik trail ke sana, untuk memastikan mengapa masih retender. Apakah medannya sulit, atau ada kendala lainnya,” kata Bupati Trenggalek M Nur Arifin, Selasa (18/9/2019).

Pengecekan jalan itu diikuti oleh beberapa perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Pantauan Surya, akses menuju jalan yang akan dibangun tersebut kondisinya rusak parah. Banyak jalan berupa batuan. Kondisi jalan juga naik-turun.

Bupati yang akrab disapa Mas Ipin itu juga mengecek JLS yang sudah terbangun sepanjang sekitar 6 kilometer (KM) menuju Prigi.

Kondisi jalan berupa aspal. Jalan itu cukup luas dengan pemandangan yang menawan.

7 Bulan Lalu, Agung Hercules Pernah Ungkap Kondisi Kesehatannya Lewat Video: Santai Saja

KM Arim Jaya Tak Miliki Manifes Penumpang, Polda Jatim Belum Bisa Pastikan Jumlah Penumpang

Jorge Lorenzo Kembali Alami Insiden di Catalunya, Berikut Hasil Sesi Tes Tengah Musim MotoGP 2019

Pemandangan yang tak kalah apik juga bisa dilihat dari jalan yang akan dibangun pemkab. Di sisi jalan bagian atas pegunungan itu, bisa dilihat pantai dan bukit-bukit kecil yang mengelilinginya. Teluk Prigi yang eksotis juga dapat di lihat dari sana.

“View-nya ketika saya lihat juga sangat bagus. Ini potensi yang luar biasa sebagai persinggahan pengguna jalan,” ujar Mas Ipin kepada Tribunjatim.com.

Apabila Prigi-Panggul via Munjungan bisa selesai terbangun tahun ini, orang-orang dari Pacitan hingga Yogjakarta bisa datang ke Trenggalek lewat jalur Pantai Selatan.

Di sepanjang perjalanan, akan ada banyak pemandangan menawan yang bisa dinikmati.

“Kami tetap optimistis tahun ini terbangun karena sangat dibutuhkan masyarakat. Kemarin saya di jalan melihat banyak motor yang lalu-lalang. Tapi kondisinya, saya pakai motor trail saja, sangat tidak nyaman. Ini merupakan akses vital untuk masyarakat,” ujar dia kepada Tribunjatim.com
.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Trenggalek M Sholeh menjelaskan, lelang pekerjaan jalan tersebut sudah gagal tiga kali. Penyebabnya, peserta sedikit dan tak lolos kualifikasi.

Setidaknya, ada dua kontraktor yang ingin menggarap proyek itu. Rencananya, pihak dinas akan melelang kembali dengan menurunkan kualifikasi. (aflahul abidin/Tribunjatim)

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved