'Mantan' PKS Ramai-ramai Bentuk Partai Baru, Deklarasi di Awal 2020, Langsung Terjun di Pilkada 2020

'Mantan' PKS Ramai-ramai Bentuk Partai Baru, Deklarasi di Awal 2020, Langsung Terjun di Pilkada 2020.

'Mantan' PKS Ramai-ramai Bentuk Partai Baru, Deklarasi di Awal 2020, Langsung Terjun di Pilkada 2020
SURYA/BOBBY CONSTANTINE KOLOWAY
Pengagas partai baru yang juga mantan Ketua DPW PKS Jatim, Hamy Wahjunianto ketika dikonfirmasi di Surabaya, Selasa (18/6/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Sejumlah mantan politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) merencanakan pendirian partai baru.

Berdiri jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 mendatang, partai baru ini siap untuk mencalonkan beberapa kader potensial internal.

"Setelah terjun di politik, tentu kami akan membicarakan peluang di ajang politik. Mulai dari pemilihan di legislatif maupun eksekutif. Termasuk, di pemilihan kepala daerah," kata salah satu pencetus partai baru ini, Hamy Wahjunianto kepada jurnalis ketika dikonfirmasi di Surabaya, Selasa (18/6/2019).

PKS Jatim Siap Koalisi Dengan Partai Apapun di Pilkada 2020, Mulai Godok 3 Figur di Pilwali Surabaya

Para Eks PKS di Jatim Siapkan Partai Baru, 2 Nama Politisi Senior Diusung Akan Jadi Ketua Umum

Fraksi PKS Jatim Tanggapi Evaluasi Arus Mudik dan Balik Lebaran 2019, Puji Sisi Infrastruktur

Berpredikat sebagai partai baru, Hamy menegaskan pihaknya siap untuk mengikuti ajang pilkada serentak 2020 yang berlangsung di 270 daerah se-Indonesia. "Untuk menjaga pilar demokrasi, kami akan running di eksekutif," tegasnya.

Hamy menjelaskan bahwa tantangan pihaknya adalah menyiapkan infrastruktur pencalonan. Di antaranya dengan menyiapkan partai politik pengusung mengingat partainya saat ini belum memiliki kursi di parlemen.

"Kami akan lihat perkembangan kedepan. Kalau misalnya tak bisa lewat parpol, kami bisa menempuh (pencalonan) jalur independen (perorangan)," kata Hamy yang juga mantan Ketua DPW PKS Jatim.

Termasuk, di Pilwali Surabaya, pihaknya juga telah menginventarisir sejumlah nama. "Namun, belum bisa kami sampaikan saat ini," katanya.

Nama Hamy sendiri juga dikenal luas di kalangan masyarakat Surabaya sehingga dinilai cocok maju di Pilwali Surabaya.

Saat ini, Hamy yang kini menjadi Dewan Pembina ormas Gerakan Arah Baru Indonesia (Garbi) Jatim ini juga menjadi Anggota DPRD Jatim dari Dapil Surabaya (Jatim 1).

Pun demikian pula di Kabupaten Mojokerto, ada nama Ahmad Hasan Bashori. Sama halnya dengan Hamy, Hasan juga merupakan mantan petinggi PKS yang kini bergabung di ormas Garbi.

Halaman
123
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved