Mulai Kerjakan Proyek Alun-alun Surabaya, Sebagian Sisi Jalan Yos Sudarso Akan Ditutup 4 Hari

Lakukan Pile Integrity Test (PIT) proyek Alun-Alun Surabaya, sebagian ruas Jalan Yos Sudarso akan ditutup Kamis (20/6/2019) mendatang.

Mulai Kerjakan Proyek Alun-alun Surabaya, Sebagian Sisi Jalan Yos Sudarso Akan Ditutup 4 Hari
ISTIMEWA
Desain Basement Alun-alun Surabaya 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra.

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Lakukan Pile Integrity Test (PIT) proyek Alun-Alun Surabaya, sebagian ruas Jalan Yos Sudarso akan ditutup Kamis (20/6/2019) mendatang.

Pemasangan basement yang tepat berada di bawah Jalan Yos Sudarso itu akan dimulai dengan pelaksanaan Pile Integrity Test (PIT).

PIT ini dimaksudkan untuk mengetahui letak dan kedalaman infrastruktur dan jaringan bawah tanah yang ada di Jalan Yos Sudarso seperti, kabel fiber optik, pipa PDAM, ataupun utilitas kecil lainnya.

Pemkot Surabaya Mulai Pembangunan Alun-alun Surabaya Bawah Tanah Pekan Ini

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DKPCKTR) Chalid Buhari mengatakan tes PIT ini penting sebagai bagian dari pengerjaan proyek Alun-alun Surabaya.

“Pengerjaan PIT ini akan dimulai dari tanggal 20-24 Juni 2019. Selama dua hari, akan mengerjakan di sisi barat dan dua hari kemudian mengerjakan di sisi timurnya,” kata Chalid saat ditemui di kantor Humas Pemkot Surabaya, Selasa (18/6/2019).

Ia menjelaskan, penutupan jalan itu menyesuaikan PIT yang nanti akan terbagi menjadi dua.

Artinya, jika sedang dilakukan PIT di sisi barat, maka sisi barat Jalan Yos Sudarso akan ditutup, sedang sisi timur akan dibuka seperti biasa. Begitupun sebaliknya.

“Jadi, rencana galian tes PIT ini dua tahap. Kira-kira nanti penggaliannya memiliki panjang 11 meter, lebar kurang lebih 1 meter dan kedalaman kira-kira 2 meter,” ujarnya.

Rumah Pintar Juanda Cendekia Bagikan 700 Kotak Takjil untuk Warga di Alun-alun Sidoarjo

Ia melanjutkan, setelah PIT ini selesai dilakukan, dan telah diketahui utilitas dibawah Jalan Yos Sudarso, selanjutnya akan dilakukan pembangunan basement yang diproyeksikan akan mulai dikerjakan Juli mendatang dengan target rampung hingga Desember 2019.

"Selama pengerjaan basement ini, kami akan tutup total Jalan Yos Sudarso dan kami sudah koordinasi dengan Dishub Surabaya serta pihak kepolisian untuk menyiapkan rekayasa arus lalu lintasnya,” tutupnya.

Untuk informasi, Alun-Alun Surabaya ini nantinya akan memiliki luas total 14.620 meter persegi atau sekitar 1,46 hektar.

Di lantai pertama nantinya akan terdapat plaza mewah bawah tanah dan dapat berfungsi sebagai tempat nongkrong warga Surabaya.

Sedang di lantai dua, akan dibangun tempat parkir yang luasnya mencapai 6.050 meter persegi, tempat parkir ini akan mampu menampung hingga 120 mobil dan 125 sepeda motor.

(Yusron Naufal Putra)

Penulis: Yusron Naufal Putra
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved