Polres Bojonegoro Sebut Politik Identitas dan Penyebaran Isu Masih Berlaku saat Pilkades Serentak

Jelang persiapan Pilkades serentak di Bojonegoro yang akan dilaksanakan 26 Juni 2019, Polres Bojonegoro mulai memetakan sejumlah kerawanan.

Polres Bojonegoro Sebut Politik Identitas dan Penyebaran Isu Masih Berlaku saat Pilkades Serentak
SURYA/M SUDARSONO
Wakil Bupati Bojonegoro, Budi Irawanto didampingi Wakapolres Bojonegoro, Kompol Achmad Fauzy dan Kasdim 0813 Mayor Inf Hairil Achmad, saat menyampaikan kesiapan Pilkades serentak 2019. 

TRIBUNJATIM.COM, BOJONEGORO - Jelang persiapan Pilkades serentak di Bojonegoro yang akan dilaksanakan 26 Juni 2019, Polres Bojonegoro mulai memetakan sejumlah kerawanan.

Kerawanan yang cukup menjadi perhatian adalah pemanfaatan politik identitas dan penyebaran isu-isu yang dapat memecah belah kerukunan warga.

Hal itu disampaikan Wakapolres Bojonegoro, Kompol Achmad Fauzy, saat apel gelar pasukan pengamanan Pilkades di Mapolres, Selasa (18/6/2019).

"Ya politik identitas dan penyebaran isu masih menjadi perhatian polisi saat Pilkades serentak di Bojonegoro," ujar Fauzy.

Cegah Kerusuhan, Kapolres Tulungagung Waspadai Gerak Botoh Selama Pelaksanaan Pilkades Serentak

1.617 Personel Gabungan Disiagakan untuk Pengamanan Pilkades Serentak di Bojonegoro

Dia menjelaskan, polisi akan terus melakukan kordinasi dengan petugas gabungan untuk memetakan potensi terjadinya konflik.

Sinergitas dengan instansi terkait juga diperlukan agar Pilkades berjalan dengan baik, karena terdapat potensi kerawanan yang harus menjadi perhatian khusus.

"Kita terus pantau potensi kerawanan hingga saat pelaksanaan Pilkades, semoga tidak ada konflik sesuai yang diharapkan," pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bojonegoro, Budi Irawanto menyatakan, Pilkades perlu disikapi dengan profesional baik dari TNI, Polri, Satpol PP, Linmas dan instansi terkait.

Jadi harus benar-benar mempersiapkan diri agar dapat bekerja sama dengan baik, pahami tugas dan tanggungjawab demi tujuan yang sama. 

"Semua petugas harus memahami kondisi dinamika sosial masyarakat, karena Pilkades memang membutuhkan pengamanan ekstra," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: M Sudarsono
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved