Ingin Kembangkan Potensi Desa Blaban Pamekasan, Dosen Unira Ciptakan Alat Pengolahan Keripik Ubi

Mahasiswa Universita Madura datang ke Desa Blaban, Batu Marmar Pamekasan dalam rangka Kuliah Kerja Nyata. Kawasan ini terkenal akan produksi ubi

Ingin Kembangkan Potensi Desa Blaban Pamekasan, Dosen Unira Ciptakan Alat Pengolahan Keripik Ubi
TRIBUNMADURA.COM/Kuswanto Ferdian
Suasana saat pemberian bantuan pengolahan kripik ubi dari kampus Universitas Madura (UNIRA) di rumah Kepala Desa Blaban, Kecamatan Batu Marmar, Kabupaten Pamekasan. 

TRIBUNJATIM.COM, PAMEKASAN - Untuk mengembangkan potensi Desa Blaban, Batu Marmar mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Madura (UNIRA) Pamekasan memberikan bantuan berupa alat 'Pengolahan Keripik Ubi'.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN 21 Unira, Sandy Vikki Ariyanto mengatakan, pemberian alat 'Pengolahan Keripik Ubi' ini sebagai bentuk program lanjutan KKN tahun 2018.

Menurutnya, Desa Blaban memiliki tanah yang berpotensi untuk ditanami ubi.

Maka dari itu, Sandy menngembangkan sendiri alat pengolah keripik ubi ini dan memberikan pada Desa Blaban.

(Magie Putri, Alumnus Universitas Airlangga yang Merasa Menu Makanan di Sentra Kuliner Mahakl)

"Program ini dinamakan program KKN PPM yang didanai kemenristekdikti," ujar Sandy Vikki Ariyanto kepada TribunMadura.com, Rabu (19/6/2019).

Sandy Vikki Ariyanto mengatakan, selain alat pembuatan keripik ubi, KKN 21 juga memberikan alat pengeboran, alat pengolahan pupuk dan alat pemasaran produk.

Mahasiswa program KKN juga mengajarkan bagaimana menggunakan alat pengolah Keripik Ubi ini. Para warga juga diajari memasarkan kripik ubi yang sudah jadi.

"Harapannya, kami ingin Desa Blaban menjadi Desa Industri pengolahan kripik ubi. Program pembuatan keripik ubi di desa Blaban akan terus di Monitoring walaupun KKN telah usai," harapnya

Reporter: TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian

(Unair Gelar KKN Pemilu Pertama di Indonesia, Mahasiswa yang Tak Nyoblos Dianggap Tidak Masuk Kuliah)

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved