Wali Kota Sutiaji: Subsektor Game dan Aplikasi Kota Malang Serap Ribuan Tenaga Kerja

Wali Kota Malang, Sutiaji, mengatakan subsektor game dan aplikasi di Kota Malang serap ribuan tenaga kerja.

Wali Kota Sutiaji: Subsektor Game dan Aplikasi Kota Malang Serap Ribuan Tenaga Kerja
Ilustrasi Video Game 

TRIBUNJATIM.COM, KLOJEN - Wali Kota Malang, Sutiaji, mengatakan subsektor game dan aplikasi di Kota Malang serap ribuan tenaga kerja.

Hal tersebut djelaskan Sutiaji Bersama komponen dari Malang Creative Fusion (MCF) di hadapan para juri dari Bekraf terkait dengan perkembangan ekonomi kreatif di Kota Malang di Hotel Alila Jakarta, Selasa (18/6/2019) malam.

Dalam paparan bertajuk “Menuju Malang Digital Creative City”, Sutiaji memgatakan Kota Malang saat ini bermetamorfosa sebagai pusat perdagangan dan jasa di Malang Raya.

Data Pemerintah Kota Malang menyebut hingga saat ini, subsektor game dan aplikasi mampu menyerap lebih dari 2200 tenaga kerja, 624 personal linear dan aktif dalam bidang tersebut.

(Pansel KPK Jaring Calon Komisioner Lembaga Antirasuah di Kota Malang, Fokus Pencegahan Korupsi)

“Kota Malang ditunjang dengan banyak kampus ternama, pariwisata yang menggeliat dan ekonomi kreatif yang berkembang pesat sehingga saat ini menjadi pusat perdagangan dan jasa di kawasan Malang Raya,” kata Sutiaji

Dalam subsektor game dan aplikasi, Kota Malang mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan selama dua tahun terakhir.

Pada 2017 perusahaan, startup dan studio pada bidang ini sebanyak 92 dan dalam kurun waktu 2 tahun meningkat pesat menjadi 151 perusahaan.

Hal itu sinergi dengan pertumbuhan komunitas kreatif dari 10 komunitas pada tahun 2017 dan kini meningkat menjadi 18.

Begitu pula co-working space juga mengalami perkembangan pesat dari 5 menjadi 13 dan kini sedang diupayakan tambahan satu co-working space di setiap kecamatan.

Pertumbuhan industri dalam subsektor bidang game dan aplikasi tersebut berdampak positif pada perekonomian masyarakat dan serapan tenaga kerja.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved