Dinas Perhubungan Ingin Tambah 20 Unit Suroboyo Bus Untuk Beroperasi di MERR

Keberadaan Jalan Middle East Ring Road (MERR)-Gunung Anyar diharapkan bisa mengurai kemacetan koridor utara-selatan di wilayah tengah Kota Surabaya.

Dinas Perhubungan Ingin Tambah 20 Unit Suroboyo Bus Untuk Beroperasi di MERR
ISTIMEWA
Penampilan Suroboyo Bus baru, tipe Mercedes-Benz O500U 1726 LE. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Keberadaan Jalan Middle East Ring Road (MERR)-Gunung Anyar diharapkan bisa mengurai kemacetan koridor utara-selatan di wilayah tengah Kota Surabaya.

Jalan ini juga diharapkan mampu menghidupkan perekonomian sekitar jalan yang masuk segmen MERR 2c.

Ramainya pengguna jalan serta aktifnya perdagangan, diharap Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajad, agar tidak memunculkan permasalahan baru.

"Sesuai perencanaan Pemkot dan Bappeko, bu wali concern dengan aktivasi MERR atau Jl. Ir. Soekarno. Ketika open traffic dua sisi, yang masuk kota harus diperhitungkan, jangan sampai jadi problem baru," tuturnya, Kamis (20/6/2019).

(Diundang Ke Prancis, Risma Sebut Suroboyo Bus Jadi Solusi Limbah Plastik)

Untuk itu, pihaknya berencana untuk menambah 20 unit Suroboyo Bus yang beroperasi di wilayah tersebut, dengan harapan menekan volume kendaraan.

"Jadi, siapkan angkutan umum (Suroboyo Bus) di MERR, supaya masyarakat tidak hanya menggunakan kendaraan pribadi, tapi bisa memanfaatkan angkutan umum," jelasnya.

Irvan mengatakan, idealnya Dishub butuh 20 unit. Tetapi, karena pengadaan bertahap, Dishub berencana mengajukan 5-10 unit terlebih dahulu.

"Idealnya 20 bus kami butuhnya. Tapi biasanya pengadaannya bertahap, jadi kami ajukan 5 atau 10 dulu karena memang kami lihat kemampuan anggaran," ujarnya.

Ia menambahkan, pengadaan Suroboyo Bus sebenarnya bukan hal sulit.

"Yang lebih sulit adalah bagaimana mengajak atau memengaruhi masyarakat untuk beralih moda dari kendaraan pribadi ke umum," ucapnya.

(Tri Rismaharini Resmikan Jalan Merr Sepanjang 10,8 Km, Jalan Kenjeran Hingga Gunung Anyar Terhubung)

Selanjutnya, Dishub akan melanjutkan pembangunan parkir khusus di daerah MERR-Gunung Anyar.

Kegiatan ini akan berkoordinasi dengan Polsek Surabaya, Polsek Sidoarjo, Polres Surabaya, Polres Sidoarjo, Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga Kota Surabaya, serta Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

"Nanti di sisi Pondok Candra dilakukan rekayasa juga, jadi berbarengan dengan pelebaran di Pondok Candra. Diharapkan September tuntas, sehingga dua-duanya dari sisi Sidoarjo-Surabaya bisa selesai," tutupnya.

Reporter: Surya/Delya Octvie

Penulis: Delya Octovie
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved