Gubernur Khofifah Salurkan Rp 24 Miliar Bantuan Keuangan Desa untuk 78 Desa di 10 Kabupaten di Jatim

Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus melakukan upaya untuk mengakselerasi pembangunan desa dalam rangka pemerataan pertumbuhan desa dan perekonomian

Gubernur Khofifah Salurkan Rp 24 Miliar Bantuan Keuangan Desa untuk 78 Desa di 10 Kabupaten di Jatim
(Surya/Fatimatuz zahroh)
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat menyerahkan Rp 24 miliar bantuan keuangan desa untuk 78 desa di Jawa Timur, Jumat (21/6/2019). Fatimatuz zahroh/surya 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus melakukan upaya untuk mengakselerasi pembangunan desa dalam rangka pemerataan pertumbuhan desa dan perekonomian Jawa Timur.

Hari ini, Jumat (21/6/2019), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyerahkan bantuan keuangan desa sebesar Rp 24,85 miliar pada 78 desa di 10 kabupaten yang diharapkan bisa digunakan untuk membangun kawasan desa.

Bantuan keuangan desa yang diserahkan hari ini adalah sebagian dari total Rp 45,64 miliar bantuan keuangan untuk 257 desa yang bakal diserahkan sepanjang tahun 2019. Meski saat ini baru 78 desa hang terverifikasi, sisanya yang lain masih dilakukan peninjauan dan verifikasi.

Dana bantuan keuangan tersebut bisa digunakan untuk pembangunan sarana dan prasana yang ada di desa. Namun Khofifah berharap agar dana tersebut bisa untuk pembangunan yang bisa memberi manfaat sosial dan ekonomi masyarakat.

"Bantuan pembangunan desa sumbernya banyak, ada dari APBN, ada dan APBD, ada hibah, tentu dana tersebut digunakan sesuai dengan SOP. Membangun negara dimulai dari pembangunan desa, artinya dibagi dana yang dari pusat untuk ini, dari daerah untuk yang mana, dari pemkab yang mana," ucap Khofifah kepada Tribunjatim.com.

Deddy Corbuzier Resmi Masuk Islam, Ini Sosok Gus Miftah yang Tuntun Deddy Ucapkan Kalimat Syahadat

Raffi Ahmad Ngeprank Mama Rieta Izin Menikah Lagi, Sang Mertua Sampai Marah-marah: Gak Punya Hati!

Kurang Diminati, Sekolah Pinggiran di Tulungagung Hanya Ada 121 Pendaftar

Dalam penyerahan pagi ini ada sebanyak 10 kabupaten yang bantuan keuangan desanya dicairkan. Yaitu enam desa di Kabupaten Banyuwangi sebesar Rp 900 juta, satu desa di Kabupaten Bondowosi sebesar Rp 500 juta, satu desa di Kabupaten Lumajang sebesar Rp 75 juta, dan dua kabupaten Situbondo sebesar Rp 500 juta.

Kemudian empat desa di Kabupaten Madiun sebesar Rp 400 juta, satu desa kabupaten Sampang sebesar Rp 300 juta, satu desa di Kabupaten Pamekasan sebesar Rp 100 juta. Sebanyak delapan desa di Kabupaten Ngawi sebesar Rp 850 juta, lima desa Kabupaten Ponorogo sebesar Rp 950 juta, serta terakhir sebanyak 49 desa di Kabupaten Lamongan sebesar Rp 20 miliar.

Gubernur perempuan pertama Jawa Timur ini menjelaskan bantuan keuangan ia minta tidak hanya untuk membangunan fisik, melainkan juga pembangunan sosial ekonomi. Secara khusus ia meminta lembaga lembaga berbasis desa bisa diperkuat.

"PAUD, TK, Posyandu, Babinsa, Babinkamtibmas yang berbasis desa saya ingin dieprkuat. Secara khusus kelembagaan di RT, RW juga harus diperkuat," tandasnya.

Tidak hanya itu, Khofifah juga mendorong bantuan keuangan desa bisa menjadi salah satu sarana untuk meningkatkan kesejahteraan di kawasan pedesaan. Sebab saat ini rata-rata kemiskinan di Jawa Timur masih 10.58 persen.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved