Rumah Politik Jatim

PKB Sebutkan Empat Nama Potensial yang Akan Ramaikan Pilwali Surabaya 2020, Ada Artis hingga Bupati

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyebut sejumlah kader internal partainya yang bisa saja maju dalam Pilwali Surabaya 2020 mendatang.

ISTIMEWA via Tribun Jabar
Logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyebut sejumlah kader internal partainya yang bisa saja maju dalam Pilwali Surabaya 2020 mendatang.

Sejumlah politisi senior dari unsur artis hingga kepala daerah di sejumlah kabupaten pun disebut berpeluang maju pada Pilkada Kota Pahlawan mendatang.

"Kami punya beberapa nama potensial untuk Pilwali Surabaya 2020. Ada dari unsur legislatif maupun eksekutif," kata Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jatim, Fauzan Fuadi kepada Surya.co.id ketika dikonfirmasi di Surabaya, Jumat (21/6/2019).

Lima Tahun Pimpin PKB, Cak Imin Dinilai Gus Ali Sukses Solidkan Partai: Meningkatnya Luar Biasa

Pertama adalah Fandi Utomo. Fandi sebelumnya merupakan Calon Legislatif (Caleg) PKB untuk DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) Surabaya-Sidoarjo nomor urut 3.

Sayangnya, Fandi kemungkinan gagal lolos ke senayan setelah kalah bersaing dengan rekan separtainya. "Mas Fandi sudah teruji dan berpengalaman meskipun kami tahu antara legislatif (caleg) dengan eksekutif (cawalkot) itu berbeda," kata Fauzan.

Kedua adalah Arzeti Bilbina. Sama halnya dengan Fandi, Arzeti juga menjadi Caleg PKB untuk DPR RI di dapil yang sama. Berbeda dengan Fandi, Arzeti berhasil lolos ke DPR RI setelah mendapat 53.185 suara dan menjadi caleg suara terbanyak kedua di partainya untuk dapil tersebut.

"Mbak Arzeti bagus. Juga berpengalaman di legislatif (saat ini menjadi Anggota DPR RI) dan juga bisa mewakili kalangan perempuan," katanya.

Saat Presiden Soekarno Tahu Dirinya akan Dieksekusi Mati, Seketika Tenang karena Baca 1 Ayat Alquran

Selain dua politisi lokal Surabaya, PKB juga memperkenalkan dua politisi senior dari daerah lain yang akan diorbitkan apabila memang diharapkan masyarakat Surabaya. "Tokoh muda PKB di luar Surabaya kan banyak," kata Fauzan.

Mereka adalah Badrut Tamam dan Thoriqul Haq. Badrut Tamam saat ini menjadi Bupati Pamekasan, hasil Pilkada 2018 lalu. Badrut merupakan Sekretaris DPW PKB Jatim yang juga pernah menjadi Anggota DPRD Jatim.

Sementara Thoriqul Haq merupakan Bupati Lumajang, juga terpilih dari Pilkada 2018 lalu. Sama halnya dengan Badrut, Thoriq juga pernah menjadi Anggota DPRD Jatim dan menjabat Ketua Fraksi PKB sekaligus Ketua Komisi C di DPRD Jatim.

"Mereka bisa saja (dicalonkan) kalau memang dibutuhkan di Surabaya. Ini tidak menutup kemungkinan, sebab untuk Surabaya, PKB akan cukup berhati-hati," jelas Fauzan yang juga Anggota DPRD Jatim terpilih ini.

Anggap Ganja Bisa Sembuhkan Bronkitis, Basis Band Rock Boomerang Dicokok Polisi, Simak Penuturannya

PKB pada Pilwali Surabaya berkomitmen akan memberikan kader terbaiknya di Pilwali Surabaya 2020. "Pak Throriq dan Ra Badrut meskipun baru menjabat (sebagai bupati), telah banyak membuat lompatan," cetusnya.

"Di antaranya, Pak Badrut yang menginisiasi Mall Pelayanan Publik sebagai tempat pelayanan terpadu satu pintu di Pamekasan. Mas Thoriq dengan pola blusukan juga kini menjadi buah bibir di Lumajang," katanya.

"Di Lumajang, Mas Thoriq juga sukses meningkatkan keamanan. Keduanya, juga menggeliatkan potensi wisata di wilayah masing-masing," jelasnya.

Beberapa potensi itu, menurut Fauzan cocok untuk diaplikasikan di Surabaya. "Maksud kami demikian," tegas Fauzan.

PKB menjadi salah satu partai penentu pada Pilwali Surabaya 2020. PKB bersama PKS, Gerindra, dan Golkar sama-sama memiliki lima kursi di DPRD Surabaya berdasarkan hasil pemilu serentak 2019.

Jumlah kursi mereka berada di bawah PDI Perjuangan yang mendapat 15 kursi sekaligus menjadi pemenang pemilu di Surabaya.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved