Caleg PKB yang Lolos Diwajibkan Ikuti Pelatihan Kader Penggerak NU, PKB Kolaborasi dengan PWNU Jatim

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur rencananya akan menggelar pelatihan kepada para Anggota Dewan terpilih pertengahan Juli mendatang di Jawa

ISTIMEWA/TRIBUN JATIM
Arzeti Bilbina Salurkan Program Bantuan BLK Komunitas ke Lembaga Pendidikan Keagamaan di Sidoarjo, Selasa (9/4/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur rencananya akan menggelar pelatihan kepada para Anggota Dewan terpilih pertengahan Juli mendatang di Jawa Timur.

Sebagai pemateri, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jatim akan berkoordinasi dengan Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur.

Hal ini disampaikan Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) DPW PKB Jatim, Fauzan Fuadi.

"Pelatihan akan dilakukan sebulan sebelum pelantikan anggota dewan atau sekitar bulan Juli," kata Fauzan kepada Surya.co.id, Senin (24/6/2019).

Rencananya, pembekalan tersebut akan melibatkan NU. Di antaranya, melalui Pelatihan Kader Penggerak NU (PKPNU).

"Jadi, semua caleg yang lolos ini harus bersama mengikuti PKPNU," katanya.

PKPNU merupakan agenda yang rutin dilakukan oleh NU, organisasi massa keagamaan terbesar di Indonesia. Bagi kader NU, PKPNU diwajibkan sebagai upaya untuk mencetak kader NU yang militan.

Kakek di Bojonegoro Tewas Dihantam Mobil Toyota Innova, Sempat Jalani Rawat Medis Karena Luka Berat

Diduga Ada Korupsi Proyek Revitalisasi Pasar, Jaksa Segel Proyek Pasar Manggisan Tanggul Jember

Orang Gila ini Mengamuk, Warga Ketakukan, Satpol PP Kota Kediri Langsung Menyergapnya

Terkait teknis pelaksanaan, pihaknya masih akan membahas dengan pengurus wilayah. "Kami masih akan mematangkan rumusannya. Bisa melalui PWNU, PCNU masing-masing, atau berdasarkan zona," katanya.

Fauzan yang juga Anggota DPRD Jatim terpilih ini menegaskan peran penting dan gagasan NU bagi PKB, khususnya di Jatim.

"Jatim adalah rumahnya NU. Sehingga, kami wajib mengakomodir ide dan gagasan warga NU," katanya.

Tidak menutup kemungkinan, konsep pelatihan ini juga akan diadopsi oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk diaplikasikan oleh seluruh pengurus wilayah.

"Syukur-syukur kalau bisa dilakukan di seluruh wilayah se-Indonesia," katanya kepada Tribunjatim.com.

Rencananya ratusan Anggota Dewan terpilih dari Dapil Jatim akan mengikuti pembekalan ini. Di antaranya, 19 Anggota DPR RI terpilih PKB dari dapil Jatim, 25 Anggota DPRD Jatim terpilih juga dari dapil Jatim, hingga ratusan anggota DPRD tingkat kabupaten/kota.

Di Jatim, PKB menjadi salah satu partai yang cukup dekat dengan NU. Hal ini terlihat dengan banyaknya Pengurus PKB yang juga menjadi pengurus PWNU Jatim.

Di antaranya, Abdul Halim Iskandar (Ketua DPW PKB Jatim), Badrut Tamam (Sekretaris DPW PKB Jatim), hingga Thoriqul Haq (Wakil Ketua DPW PKB Jatim) yang ditunjuk sebagai A'wan (Dewan Pakar) PWNU Jatim.

Selain sebagai pejabat partai, Halim merupakan Ketua DPRD Jatim, sementara Badrut adalah Bupati Pamekasan, dan Thoriq yang kini menjadi Bupati Lumajang.

Di Jatim, PKB memang meloloskan beberapa caleg potensial ke DPR RI. Di antaranya, Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang merupakan Ketua Umum PKB. Cak Imin terpilih dari dapil Jatim VIII.

Selain itu, ada Arzeti Bilbina yang lolos dari Dapil Jatim 1. Untuk DPR RI maupun DPRD Jatim, kursi PKB berada di bawah PDI Perjuangan yang mendapat kursi terbanyak (20 kursi DPR RI dan 27 kursi DPRD Jatim) khusus untuk hasil rekapitulasi di Jatim. (bob/Tribunjatim)

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved