Gembleng Nasionalisme, Pemkab Bangkalan Berangkatkan 45 Siswa Anggota PMR ke Magetan 6 Hari

Suasana haru menghiasi pemberangkatan kontingen Palang Merah Remaja (PMR) Bangkalan di Rumah Dinas Wakil Bupati Jalan Veteran menuju Kabupaten Magetan

Gembleng Nasionalisme, Pemkab Bangkalan Berangkatkan 45 Siswa Anggota PMR ke Magetan 6 Hari
SURYA/AHMAD FAISOL
Wakil Bupati Bangkalan Mohni menyalami kontingen Palang Merah Remaja (PMR) Bangkalan di Rumah Dinas Wakil Bupati Jalan Veteran sebelum bertolak ke Kabupaten Magetan, Minggu (23/6/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, BANGKALAN - Suasana haru menghiasi pemberangkatan kontingen Palang Merah Remaja (PMR) Bangkalan di Rumah Dinas Wakil Bupati Jalan Veteran menuju Kabupaten Magetan, Minggu (23/6/2019).

Para orang tua kompak tak beranjak meninggalkan lokasi pemberangkatan. Meski anak-anak mereka sudah memasuki dua bis milik Pemkab Bangkalan.

"Sedikit khawatir karena anak saya belum pernah terpisah. Belum pernah berkumpul dengan orang-orang tak dikenal," ungkap Ispani Mahdi usai memastikan dua bis Pemkab Bangkalan meninggalkan lokasi.

Ispani merupakan bapak dari Umaima Najia Nuha, siswa kelas V SD Kemayoran I. Putri keduanya itu tergabung dalam kontingen PMR Bangkalan yang berjumlah 45 orang.

(Dinas Pendidikan Jombang Tambah Kuota Jalur Prestasi PPDB Online 2019 Jadi 15 Persen)

Terdiri dari siswa SD, SMP, dan SMA se Kabupaten Bangkalan. Mereka akan ditempa nasionalisme dalam Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) IX selama enam hari, terhitung 24 - 29 Juni 2019.

"Bangga dan haru, ini masih permulaan. Minimal untuk persiapan awal dalam pembentukan karakter," pungkasnya kepada Surya.

Hasil pantauannya, dua bis kontingen PMR Bangkalan telah tiba di lokasi kemah pada pukul 14.06 WIB setelah bertolak dari Rumah Dinas Wakil Bupati pada pukul 07.00 WIB.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Bangkalan Moh Sa'ad Asjari mengungkapkan, kontingen PMR Bangkalan akan bergabung bersama kontingen se Jatim di Bumi Kemah Komplek Sekolah Calon Tamtama (Scata) Magetan.

"Jumbara merupakan agenda rutin PMI Jatim sebagai ajang uji keterampilan setiap individu. Proses pembinaan," ungkap Sa'ad didampingi Ketua Pelaksana Rudianto.

(Pemkot Surabaya Pastikan Tambahan Pagu PPDB 2019 Tak Pengaruhi Nilai BOPDA Sekolah Swasta)

Selain pembinaan karakter dan mental, lanjutnya, anggota PMR akan ditempa dengam doktrin nasionalisme dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

"Jangan dikekang, biarkan mereka berkembang lewat pramuka, PMR, atau kelompok kepemudaan lainnya. Minimal mereka memiliki rasa 'care' (peduli) terhadap teman," tandasnya.

Wakil Bupati Bangkalan Mohni menambahkan, Pemkab Bangkalan ke depan akan mengimbau setiap sekolah untuk menghidupkan kembali ekstra kurikuler (ekskul) PMR.

"Kami akan lakukan bertahap agar ada ekskul di semua sekolah. Mereka yang berangkat telah lolos seleksi," singkatnya.

Reporter: Surya/Ahmad Faisol

(Wali Murid Sudah Bisa Lihat Pengumuman PPDB Tambahan SMP Negeri Kota Surabaya)

Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved