Warga Surabaya Segel Kantor YKP Dekat Rumah wali Kota , Massa Desak Bekukan Kantor YKP

- Massa yang tergabung dalam kelompok masyarakat Keluarga Besar Rakyat Surabaya (KBRS) menyegel Kantor Yayasan Kas Pembangunan (YKP) di Jalan Sedap

Warga Surabaya Segel Kantor YKP Dekat Rumah wali Kota , Massa Desak Bekukan Kantor YKP
TRIBUNJATIM.COM/YUSRON NAUFAL PUTRA
Keluarga Besar Warga Surabaya (KBRS) saat menggelar aksi di depan Kantor YKP Kota Surabaya, Selasa (25/6/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Massa yang tergabung dalam kelompok masyarakat Keluarga Besar Rakyat Surabaya (KBRS) menyegel Kantor Yayasan Kas Pembangunan (YKP) di Jalan Sedap Malam Surabaya, Selasa (25/6). Kantor ini persis bersebelahan dengan Kediaman Wali Kota Surabaya.

Massa langsung menutup pintu gerbang kantor yang sebelumnya bernama PT YKP KMS (Kota Madya Surabaya). Lembaga yang sebelumnya dikaitkan dengan pemkot Surabaya itu kini murni menjadi PT YKP.

Sekitar 50 massa itu membentangkan spanduk lalu menutup gerbang Kantor YKP Jl Sedap Malam 9-11 Surabaya tersebut. Spanduk bertuliskan 'PERUMAHAN RAKYAT, PERUMAHAN NEGARA" ditempel sebagai penanda segel atas kantor pengembang tersebut.

"Bekukan PT YKP dan serahkan semua aset ke Pemkot Surabaya. Mereka menguasai aset pemkot. Ini pelanggaran hukum," kata Koordinator Tim Pencari Fakta LBH KBRS, Trijono Hardjono kepada Tribunjatim.com.

Aspidsus Kejati Jatim Sebut Akan Terus Telusuri Aliran Dana YKP dan PT YEKAPE

Bambang DH Mendapat 20 Pertanyaan Terkait Penyidikan Kasus Dugaan Korupsi YKP Dan PT YEKAPE

Sejumlah Pejabat Tunggui Risma di Ruang VVIP lantai IV RSUD Soewandhie Surabaya, Media Dilrang Masuk

Puluhan massa itu terus berunjuk rasa di depan kantor YKP. Mereka membawa mobil pengeras suara dengan menggelar berbagai spanduk. YKP KMS menjadi PT YKP itu terjadi pada 17 tahun lalu atau 2002 lalu.

Massa Terus bergerak sambil membentangkan poster. Di antaranya, "Wayahe wayahe segera kembalikan Yekape. Bubarkan YKP. Perumahan rakyat perumahan negera: kembalikan YKP KS ke pangkuan Pemkot Surabaya."

Pare pemain musik patrol dikerahkan dalam aksi tersebut.

"Hari ini ulang tahun YKP kita kado dengan sajian alat musik patrol sambil demo," kata Wawan Kemplo, salah satu orator kepada Tribunjatim.com.

Trijono Harjono mendesak pemkot untuk membentuk tim likuidasi atas Yayasan Kas Pembangunan Surabaya (YKP) Surabaya. Massa mendukung upaya pemkot Dan Kejati Jatim mengembalikan asetnya di YKP.

Namun aksi mereka tak ditemui satupun pengurus dan manajemen PT YKP. Mereka pun melanjutkan aksi ke Balai Kota Surabaya dengan penjagaaan polisi. Masa hanya menyampaikan permohonan pembekuan YKP.

Saat ini polemik YKP tengah ditangani Kejaksaan Tinggi Jatim. Bahkan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan ketua DPRD Surabaya juga diperiksa atas kasus YKP ini. (Faiq/Tribunjatim)

 

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved