Layanan Haji di Jatim Tak Terpengaruh Jual Beli Jabatan, Magetan Kloter Pertama Berangkat

Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Jatim melalui Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) telah melakukan persiapan layanan ibadah Haji 2019. Mereka akan men

Layanan Haji di Jatim Tak Terpengaruh Jual Beli Jabatan, Magetan Kloter Pertama Berangkat
TRIBUNJATIM.COM/KUKUH KURNIAWAN
Suasana Pelayanan Terpadu Satu Atap Kanwil Kemenag Provinsi Jatim, Senin (18/03/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Jatim melalui Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) telah melakukan persiapan layanan ibadah Haji 2019. Mereka akan menyambut calon jemaah haji (CJH) melalui Embarkasi Surabaya.

Meski sempat diwarnai terkuaknya praktik jual beli jabatan di lingkungan kantor Kemenag perwakilan Jatim itu, namun hal ini tak memengaruhi semangat kerja para pegawai Kemenag untuk memberikan layanan terbaik bagi CJH.

Kasus yang saat ini ditangani KPK itu tidak sampai mengganggu layanan kepada masyarakat di Kantor Kemenag Jatim. Bahkan proses layanan CJH saat ini tinggal menunggu waktu saja untuk semua jemaah mendapat layanan terbaik melalui Kemenag Jatim.

Berikut wawancara khusus media ini dengan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kanwil Kemenag Jatim Moch Amin Mahfud terkait persiapan provinsi ini melayani CJH di tengah terpaan ujian jual beli jabatan di kantor ini.

Sejauh mana kesiapan Kemenag Jatim menyambut tibanya musim haji 2019 di Embarkasi Surabaya?

Hampir bisa dikatakan saat ini semua persiapan sudah hampir 100 persen. Mulai dari menyiapkan CJH, mental mereka, penginapan selama di Asrama Haji Sukolilo, hingga kelengkapan dokumen perjalanan haji. Semua sudah disiapkan. Khusus dokumen haji terutama visa akan dituntaskan sambil berjalan. Kalau paspor dijamin semua beres.

Tahun ini, berapa senarnya jumlah CJH Jatim yang akan diberangkatkan melalui Embarkasi Surabaya?

Tahun ini menjadi berkah bagi CJH Jatim karena kita mendapat tambahan kuota haji cukup porposional. Porsi haji di Jatim meningkat dari tahun lalu 34.385 CJH kini bertambah menjadi 35.706 jemaah. Secara nasional kuota nasional bertambah 10.000 dan dibagi secara adil di semua daerah. Selain dari CJH Jatim, di Embarkasi Surabaya juga bergabung nanti CJH asal Bali dan NTT.

Jelang Sidang Putusan MK, Polres Pamekasan Gelar Razia , Antisipasi Pergerakann Massa ke Jakarta\

Hoh We dan Destiny Juara Lomba Film Pendek, Film-film Karya Sineas Muda Kota Kediri

Jelang Putusan Sidang MK Sengketa Pilpres 2019, Aktivis PENA 98 dan Pemuda Jatim Tolak Kerusuhan

Persisnya kapan kelompok terbang (kloter) pertama Embarkasi Surabaya diberangkatkan ke Tanah Suci?

Rencana semula, kloter pertama akan kita Berangkatkan pada 7 Juli 2019. Namun setelah pihak kementerian berkoodinasi datang langsung ke Surabaya ada tambahan kuota sehingga jadwal terbang dimajukan. Sebab dari Embarkasi Surabaya nanti tidak lagi 83 kloter namun bertambah menjadi 85 kloter. Kloter pertama Jatim dari Magetan. Selama kurang lebih 40 hari berada di Tanah Suci.

Halaman
123
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved