Polda Jatim Bantah Klaim Ormas yang Berangkatkan Rombongan Warga Jawa Timur ke Mahkamah Konstitusi

Kabar beberapa organisasi masyarakat (Ormas) yang mengklaim memberangkatkan warga Jawa Timur secara rombongan ke Jakarta, ditampik Polda Jatim.

Polda Jatim Bantah Klaim Ormas yang Berangkatkan Rombongan Warga Jawa Timur ke Mahkamah Konstitusi
TRIBUNJATIM.COM/SUNDAH BAGUS WICAKSONO
Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luhur Pambudi

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Kabar beberapa organisasi masyarakat (Ormas) yang mengklaim memberangkatkan warga Jawa Timur secara rombongan ke Jakarta, ditampik Polda Jatim.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera, memastikan, sejak dilakukan patroli pengamanan yang dilaksanakan oleh Polres se-Jawa Timur sejak tiga hari sebelumnya, belum ditemukan laporan adanya rombongan massa dari masyarakat Jawa Timur yang berangkat ke Jakarta untuk melakukan aksi di sekitaran Gedung Mahkamah Konstitusi (MK).

"Tidak ada pemberangkatan dari Jatim ke Jakarta, isunya yang menyebut 10 bus atau 20 bus itu tidak ada," katanya saat ditemui awak media di ruangannya, Kamis (27/6/2019).

Imbau Masyarakat Jatim Tak ke Jakarta, Polda Jatim: Nonton Vonis Sidang Lewat Media Lebih Elegan

Babak Pertama Madura United Vs Persebaya, Beto Goncalves Cetak 2 Gol, Madura United Unggul Sementara

Kombes Pol Frans Barung Mangera menambahkan, hingga Kamis (27/6/2019) dini hari, pihaknya belum menerima satupun laporan adanya pergerakan massa dari Jawa Timur yang berangkat ke Jakarta.

"Nah tadi malam dari jam 8 malam hingga pagi, kami melaksanakan pengondisian dengan melihat pergerakan itu secara real di lapangan," katanya.

Kendati demikian, Kombes Pol Frans Barung Mangera tak memungkiri jika ada warga Jawa Timur yang berangkat ke Jakarta secara perseorangan.

"Entah yang berangkat sendiri-sendiri, tapi secara rombongan komunal itu tidak ada. Hari ini sampai jam 12.30 WIB situasi di MK, tak berdampak di Jatim," lanjutnya.

Antisipasi Merebaknya Berita Hoax Soal Sidang MK, Polda Jatim Gencar Gelar Patroli Siber

Pernikahan Putri Gubernur Jatim Khofifah Berkonsep Adat Jawa, Akan Kenakan Baju Pengantin Solo Putri

"Dan masyarakat semua menonton di media. Tidak ada pergerakan apa-apa di Jatim," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, sebuah ormas yang mengatasnamakan diri sebagai Forum Umat Islam (FUI) Jatim, mengklaim telah memberangkatkan ribuan orang ke Jakarta.

Menurut Wakil Koordinator Aksi FUI Jatim, Indra Rouf, ribuan massa itu, bermaksud untuk menghadiri Halal Bihalal Akbar 212.

Acara tersebut, lanjut Rouf, sekaligus sebagai ajang untuk mengawal sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Kamis (27/6/2019).

"Jumlahnya sekitar seribuan, namun kami tak bisa memastikan jumlah konkretnya," kata Indra kepada Surya.co.id (TribunJatim.com Network) saat dikonfirmasi di Surabaya, Selasa (25/6/2019) kemarin.

Yuk Subscribe YouTube Channel TribunJatim.com:

Penulis: Luhur Pambudi
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved