PPDB Sistem Zonasi, Masuk SMP di Tuban Ada Poin Khusus Nilai Agama, Berikut Skornya

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Nur Khamid menjelaskan tentang penerimaan peserta didik baru (PPDB)

PPDB Sistem Zonasi, Masuk SMP di Tuban Ada Poin Khusus Nilai Agama, Berikut Skornya
KOMPAS.COM/RONY ARIYANTO NUGROHO
Ilustrasi PPDB. 

TRIBUNJATIM.COM, TUBAN - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Nur Khamid menjelaskan tentang penerimaan peserta didik baru (PPDB) sesuai Permendikbud nomor 20 tahun 2019 tentang PPDB TK, SD, SMP maupun SMA. 

Permen tersebut mengatur prosentase kuota siswa di masing-masing sekolah. 

Adapun untuk prosentasenya jalur zonasi sebanyak 80 persen kuota, prestasi 15 persen dan jalur perpindahan dinas orang tua atau mutasi 5 persen.

"Kuota sekolah sudah diatur di Permendikbud tentang PPDB," ujar Nur Khamid menanggapi sistem zonasi, Kamis (27/6/2019). 

Dewan Pendidikan Sambut Baik Penambahan Tiga SMP Negeri Baru di Kota Malang: Bisa Jadi Solusi PPDB

Dia menjelaskan, sistem zonasi itu sudah ada porsi penilaiannya, kalau SD skor 1000 rinciannya 500 jarak dan 500 sisanya usia calon siswa. Untuk SD usia 7 tahun atau lebih sudah memenuhi kriteria poin, kalau lebih muda poin berkurang. 

Sedangkan untuk SMP skor 10000, rinciannya 9500 skor zonasi jarak, dan 500 skor syahadah munaqosah atau kalau bagi non muslim mempunyai sertifikat keagamaan. 

Kalau nilai munaqosah atau poin agama ini hanya ada di Tuban, karena implementasi dari program Bupati mewujudkan Tuban yang religius.

"Nilai masuk sekolah sudah ada skornya di sistem zonasi, semua sudah diatur. Namun Tuban ada keistimewaannya untuk calon siswa SMP karena ada skor 500 dari syahadah TPQ, berlaku juga bagi non muslim tapi harus punya sertifikat agama," pungkasnya.

Wali Murid Desak Pengumuman PPDB SMP di Jember Ditunda, Ada Penambahan Pagu SMP Negeri

Sekadar diketahui, pendaftaran jalur prestasi dan mutasi dinas orang tua untuk TK, SD, SMP dilakukan pada 24-27 Juni 2019. Pengumuman 28 Juni dan daftar ulang 29 Juni.

Kemudian untuk PPDB Zonasi pendaftaran dilakukan 1-4 Juli 2019, pengumuman 6 juli dan daftar ulang 8-9 Juli. Sedangkan untuk awal tahun pelajaran baru 15 Juli 2019.

Penulis: M Sudarsono
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved