Dinkes Sidoarjo Temukan Indikasi Polutan Logam Berat di Pabrik Tahu di Krian, Ada Asap Hitam Pekat

Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo menemukan indikasi adanya polutan logam berat pada asap pembakaran di industri tahu Desa Tropodo, Krian, Sidoarjo.

Dinkes Sidoarjo Temukan Indikasi Polutan Logam Berat di Pabrik Tahu di Krian, Ada Asap Hitam Pekat
TRIBUNJATIM.COM/KUKUH KURNIAWAN
Kepala Dinkes Kabupaten Sidoarjo, Syaf Satriawarman saat ditemui TribunJatim.com, Jumat (28/6/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo menemukan indikasi adanya polutan logam berat pada asap pembakaran di industri tahu Desa Tropodo, Krian, Sidoarjo.

Hal itu diungkapkan secara langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo, Syaf Satriawarman saat ditemui TribunJatim.com, Jumat (28/6/2019).

Menurutnya, sampah impor yang didominasi plastik dan dijadikan sebagai bahan bakar pengolahan pembuatan tahu dapat membahayakan lingkungan dan kesehatan.

Kadinkes Kota Surabaya Beberkan Kondisi Wali Kota Risma: Stabil Namun Perlu Perawatan Intensif

"Saat tim melakukan pengecekan di lokasi pada Kamis (27/6/2019) memang terlihat asap yang keluar pada cerobong asap hitam pekat. Sampah yang digunakan sebagai bahan bakar juga ditemukan ada aluminium foil," terangnya.

Meski begitu, pihaknya belum melakukan pemeriksaan secara mendalam terkait hal tersebut.

Tetapi Satriawarman mengatakan, dampak pembakaran sampah plastik apalagi bila terdapat aluminium foil, maka asapnya mengandung CO 2, H2S, Dioksin dan Furan yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

Pacitan Ditetapkan KLB Hepatitis A, Dinkes Jawa Timur Kirim Tim Surveilans dan Obat-obatan

Selain itu, berdasarkan laporan dari Puskesmas Krian, Bidan Desa Tropodo dan Kades Tropodo diketahui penderita infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) mendominasi desa tersebut.

"Oleh karena itu kita telah mengeluarkan beberapa rekomendasi. Di antaranya perlu pertemuan lintas sektor bersama dengan sekretaris desa untuk mencari pemecahan persoalan yang baik karena menyangkut hajat hidup banyak orang juga pengecekan udara di sekitar tempat produksi tahu dan kondisi kesehatan masyarakat Desa Tropodo, Krian," tandasnya.

Lebih dari 400 Warga Pacitan Terkena Hepatitis A, Dinkes Jatim Turun Tangan Sosialisasi Hidup Bersih

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved