Ada Khitanan Massal, Jeritan Sendu Bocah-bocah di Ruang Serbaguna Polres Bangkalan

Jeritan para bocah terdengar sendu ketika mereka mulai memasuki Ruang Serbaguna Polres Bangkalan dalam Bhakti Sosial Khitanan Massal

Ada Khitanan Massal, Jeritan Sendu Bocah-bocah di Ruang Serbaguna Polres Bangkalan
Ahmad Faisol/Surya
Suasana Bhakti Sosial Khitanan Massal Peringatan HUT Ke-73 Polri di Ruang Serbaguna Polres Bangkalan, Sabtu (29/6/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, BANGKALAN - Jeritan para bocah terdengar sendu ketika mereka mulai memasuki Ruang Serbaguna Polres Bangkalan dalam Bhakti Sosial Khitanan Massal Peringatan HUT Ke-73 Polri, Sabtu (29/6/2019).

Para bocah berjumlah 56 anak dengan usia sekitar delapan tahun ke bawah. Mereka berasal dari 17 kecamatan di Bangkalan.

"Semua polsek diwajibkan membawa tiga anak. Sebelumnya sudah kami informasikan ke masyarakat," ungkap Kapolsek Klampis LM Effendi kepada Surya.

Proses tindakan bedah minor terhadap kulup atau kulit yang menyelubungi ujung penis para bocah tak bisa dilakukan secara bersamaan.

Para bocah mulai berontak setelah tiba giliran masuk ruangan. Mereka nampak panik, menjerit, bahkan hingga memukul orang tuanya. Beberapa di antaranya tampak tegar.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan Sudiyo mengatakan, sebanyak 20 petugas medis dari tiga puskesmas; Kota, Burneh, dan Kamal dihadirkan.

"Sebelum masuk ruangan, para bocah kami periksa secara umum saja. Secata klinis sudah memenuhi, langsung suntik bius lokal," singkatnya kepada Tribunjatim.com.

Kondisi Risma Mulai Membaik, Bisa Komunikasi dan Tanyakan Kondisi Surabaya dan Anak Yatim

Tampak Harmonis, Raffi Bongkar ‘Kerapuhan’ Rumah Tangga, Hal Pribadi Rupanya Tak Boleh Saling Tahu

Presiden Jokowi Bakal Datang Lebih Awal, Berikut Ruas Jalan yang Harus Diwaspadai Kemacetannya

Kasubbag Humas Polres Bangkalan Iptu Suyitno menjelaskan, khitanan massal merupakan rangkaian bhakti sosial dalam rangka Peringatan HUT Ke-73 Bhayangkara.

"Khitanan massal ini sebagai wujud kepedulian dan kedekatan Polri dan masyarakat. Tanpa masyarakat kami tidak bisa maksimal dalam bertugas," jelasnya kepada Tribunjatim.com.

Sebelumnya, Polres Bangkalan mengajak ratusan warga, anggota Lanal Batuporon, Kodim 0829, dan sejumlah instansi Pemkab dalam jalan santai, lomba balap karung, balap bakiak, hingga tarik tambang di Mapolres Bangkalan, Minggu (16/6/2019).

Sepekan berikutnya, Polres Bangkalan menggelar Bhakti Sosial Donor Darah dan Pengecekan Kesehatan Gratis di Wisata Taman Paseban Alun-alun Kota, Minggu (23/6/2019).

Di hari yang sama, digelar Lomba Burung Kicau Kapolres Cup II di Desa Bilaporah Kecamatan Socah sebagai upaya merajut kebersamaan masyarakat dalam bingkai persatuan dan kesatuan bangsa.

Ia menambahkan, lima hari yang lalu pihaknya sukses menggelar Turnamen Futsal Kapolres Bangkalan Cup sukses kami gelar di Lapangan Futsal Soka, Perum Griya Abadi Desa Bilaporah Kecamatan Socah, Selasa (24/6/2019).

"Kami mengakui masih banyak kekurangan. Semua ini tidak sekedar memeriahkan HUT Bhayangkara namun juga upaya kami meningkatkan sinergitas polri dan masyarakat," pungkas Suyitno. (Ahmad Faisol/Tribunjatim.com)

Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved