Mahasiswa UTM Ini Ciptakan Aplikasi Pengenalan Kampus Lewat Virtual Reality, Tahu Info Detail Kampus

Mahasiswa UTM Ini Ciptakan Aplikasi Pengenalan Kampus Lewat Virtual Reality, Tahu Info Detail Kampus.

Mahasiswa UTM Ini Ciptakan Aplikasi Pengenalan Kampus Lewat Virtual Reality, Tahu Info Detail Kampus
SURYA/AHMAD FAISOL
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Informatika, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura (FIP UTM) Fitroh sukses mengembangkan aplikasi pengenalan kampus berbasis Virtual Reality (VR). 

TRIBUNJATIM.COM, BANGKALAN - Mahasiswa Program Studi Pendidikan Informatika, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura (FIP UTM) Fitroh sukses mengembangkan aplikasi pengenalan kampus berbasis Virtual Reality (VR).

Mahasiswa semester akhir asal Jakarta ini mematenkan karyanya dengan sebutan Peka UTM.

Sebagai pemenuhan tugas akhir dalam menempuh gelar Sarjana Program Studi (Prodi) Pendidikan Informatika.

Ada Khitanan Massal, Jeritan Sendu Bocah-bocah di Ruang Serbaguna Polres Bangkalan

Berita Duka, Kepala BKPSDA Bangkalan Moh Guffron Tutup Usia, Sempat Dirawat Karena Sakit Jantung

Aksi Nekat Pelaku Begal Sepeda Motor di Bangkalan, Bacok Mahasiswi UTM 100 Meter Sebelum Pos Polisi

Fitroh mengungkapkan, VR Peka UTM merupakan media pengenalan kampus yang bisa membantu dan menuntun mahasiswa baru untuk mengetahui setiap detail informasi tentang Kampus UTM.

"Saya memilih konten kampus dalam aplikasi VR ini. Karena saya kesulitan di awal masuk kuliah. Sedikit sekali informasi yang saya peroleh tentang kampus ini," ungkap Fitroh, Minggu (30/6/2019).

VR dikenal dengan istilah realitas maya. Sebuah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi atau merasa di lingkungan dunia maya terntentu.

Ia menjelaskan, pengguna aplikasi VR Peka UTM akan merasakan seolah-olah sedang berada dalam Kampus UTM secara virtual tanpa harus datang ke kampus UTM.

"Semua orang di mana pun berada Indonesia dan luar negeri bisa mengakses, merasakan 'jalan-jalan' dalam lingkungan Kampus UTM," jelas anak dari Imam Sairoji dan Ny Tursina itu.

Konten Peka UTM menyajikan materi pengenalan kampus secara utuh dan menyuruh. Meliputi sarana publik seperti Gedung Rektorat Terpadu, Laboratorium, Ruang Kuliah Bersama, Perpustakaan dan fasilitas penunjang lainnya.

Aplikasi virtual berskala universitas itu merupakan karya pertama mahasiswa UTM. Di bawah dosen pembimbing Medika Risna Sari dan Muchamad Arif, Fitroh mampu menyelesaikan dalam kurun waktu 2,5 bulan.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved