Api Porprov Jatim Bermalam di Grahadi, Khofifah Buat Gebrakan Porprov Jadi Agenda 2 Tahunan

Kirab Api Porprov Jawa Timur IV 2019 yang dibawa dari Bojonegoro, Tuban, Lamongan, dan Gresik akhirnya tiba di Grahadi Surabaya, Kamis (4/7/2019)malam

Api Porprov Jatim Bermalam di Grahadi, Khofifah Buat Gebrakan Porprov Jadi Agenda 2 Tahunan
(Surya/Fatimatuz zahroh)
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat menyulut api di kaldron utama saat Kirab Api Porprov Jawa Timur ke VI di Grahadi, Kamis (4/7/2019) malam. 

 TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Kirab Api Porprov Jawa Timur IV 2019 yang dibawa dari Bojonegoro, Tuban, Lamongan, dan Gresik akhirnya tiba di Grahadi Surabaya, Kamis (4/7/2019) malam.

Diarak oleh 50 mobil, kelompok paskibraka, dan juga marching band dari Politeknik Penerbangan Surabaya, api tak kunjung padam itu akhirnya sampai di Grahadi.

Adinda Larasati (19), atlet renang sarat prestasi menyerahkan api Porprov VI Jawa Timur kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Peraih empat medali emas dalam PON 2016 itu menyerahkan api yang sekaligus memberikan tanda Porprov IV 2019 sudah tiba di Surabaya.

Begitu diterima oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah, api Porprov disulutkan di kaldron yang ada di panggung utama. Kobaran api ini turut membakar semangat dan gelora para atlet jelang Porprov.

Menyalanya api di kaldron Grahadi menandakan Porprov Jatim sudah di Surabaya. Api Porprov ini bakal bersemayam sehari semalam di Grahadi sebelum keesokan harinya dibawa ke Lamongan tempat pembukaan Porprov IV Jatim 2019 diselenggarakan.

Kisah Guru TK Asal Gresik yang Tewas Saat Antar Rombongan Rekreasi, Saksi: Sempat Selamatkan Cucunya

Pencarian Thoriq Pendaki Hilang di Gunung Piramid Terus Dilakukan Relawan, Cari Tanda-tanda Korban

Nenek 58 Tahun Dinikahi Pemuda 19 Tahun di Pati, Keluarga Sutasmi Mempelai Wanita Mengaku Malu

"Alhamdulillah kirab api Porprov sudah sampai di Grahadi. Besok pagi api Porprov akan dikirab ke Lamongan, bermalam sehari, lalu dikirab ke Stadion Srijaya untuk memulai Porprov yang ke VI yang akan menandingkan 40 cabang olahraga," kata Khofifah kepada Tribunjatim.com.

Pagelaran Porprov IV Jawa Timur ini akan diselenggarakan di empat kabupaten. Yaitu di Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Gresik. Pembukaan dilakukan milai tanggal 6 Juli dan bakal diakhiri pada tanggal 13 Juli 2019.

Khofifah menegaskan bahwa tahun ini ada gebrakan dalam Porprov Jawa Timur. Jika sebelumnya Porprov Jatim dilakukan setiap empat tahun sekali, maka Khofifah memutuskan agar Porprov Jawa Timur diperbanyak intensitasnya menjadi dua tahun sekali.

"Tadi saya baru saja tanda tangani. Porprov selanjutnya akan diselenggarakan dua tahun lagi pada tahun 2021. Yaitu di Jember, Lumajang, Situbondo dan Bondowoso," tegas gubernur perempuan pertama Jawa Timur ini.

Perubahan ini dikatakan Khofifah dilatarbelakangi alasan khusus. Yaitu ia ingin agar atlet Jawa Timur bisa memacu prestasi secara terukur. Dan akan terus bisa meningkatkan presrasi sehingga tercipta rekor rekor baru.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved