Naik Haji Jatim 2019

Ini Pesan Menteri Agama Pada Calon Jemaah Haji di Asrama Haji Surabaya, Ada 3 Hal yang Diperhatikan

Ini Pesan Menteri Agama Pada Calon Jemaah Haji di Asrama Haji Surabaya, Ada 3 Hal yang Diperhatikan!

Ini Pesan Menteri Agama Pada Calon Jemaah Haji di Asrama Haji Surabaya, Ada 3 Hal yang Diperhatikan
SURYA/FATIMATUZ ZAHROH
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Menteri Lukman Hakim Saifuddin menyambut kedatangan para CJH Kloter 1 di Asrama Haji, Sukolilo, Surabaya, Jumat (5/7/2019) 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin memberikan beberapa pesan kepada calon jemaah haji yang tiba di Asrama Haji Embarkasi Surabaya, Jumat (5/7/2019).

Menurut Lukman menjadi jemaah haji merupakan impian setiap umat muslim namun tidak semuanya dapat pergi ke Tanah Suci.

Oleh sebab itu, dirinya meminta calon jemaah haji untuk bersyukur dan menekankan untuk menjaga niat bahwa yang akan mereka lakukan merupakan suatu ibadah bukan wisata.

Bacaan Doa untuk Orang Pergi Haji, Dibaca saat Melepas Jemaah Haji Berangkat ke Tanah Suci

CJH Kloter 1 Magetan Masuk Asrama Haji, Jemaah Bakal Bisa Nikmati Fasilitas Baru Ini di Tanah Suci 

Cerita Nenek Sukinah Asal Magetan, Menunggu 6 Tahun Akhirnya Pergi Haji, Sekarang Usianya 93 Tahun

"Ada tiga hal yang saya mohon betul-betul dicermati. Mari semua menjaga niat dan hati kita bahwa perjalanan haji bukan wisata. Tentu tidak melakukan hal aneh-aneh selama ibadah," tuturnya.

Selain itu, ketika berhaji para jemaah akan bertemu dengan jemaah lain dari berbagai penjuru dunia sehingga diharapkannya, agar mereka tetap menjaga rasa toleransi terhadap sesama umat muslim.

"Mari lebih mengedepankan memaklumi, memahami, mengerti orang lain. Mari jaga niat dan hati karena keragamaan setiap hari," kata dia.

Beberapa yang perlu diperhatikan, khususnya bagi calon jemaah haji yang baru pertama kali bahwa ibadah haji membutuhkan kekuatan fisik.

"Jaga kesehatan, modal utama kita menjalani seluruh prosesi ibadah haji, fisik dan hati kita. Lakukan pola hidup sehat, istirahat dan tentu ibadah," kata dia.

Terakhir, Lukman meminta para calon jamaah haji untuk dapat menjaga perilaku sopan santun yang dapat mempengaruhi nama Indonesia.

"Kita bagian yang tidak terpisahkan, atribut yang kita kenakan, baju batik, selendang, seragam, peci apapun itu sudah menunjukan Indonesia. Jaga perilaku, gerak gerik ucapan dan semuanya," pungkasnya.

Penulis: Nur Ika Anisa
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved