Mengenal Goa Putih Di Mojokerto, Tempat Bertapanya Hanoman dan Para Raja

Goa Putih atau disebut juga dengan Goa Anoman, terletak di Dusun Tengkep, Desa Jatijejer, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto.

Mengenal Goa Putih Di Mojokerto, Tempat Bertapanya Hanoman dan Para Raja
Febrianto/Tribunjatim
Suasana Di Dalam Goa Putih, Tempat Bertapanya Para Raja Dan Hanoman 

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Goa Putih atau disebut juga dengan Goa Anoman, terletak di Dusun Tengkep, Desa Jatijejer, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto.

Menurut cerita rakyat, Goa putih dulunya merupakan tempat bertapanya Hanoman, Si Kera Putih.

Disebut dengan Goa Putih karena dinding dan batu di dalam Goa tersebut semuanya berwarna putih.

Ketika Wartawan Surya Berkunjung ke Goa Putih, dari Kabupaten Mojokerto, perjalanan ditempuh kurang lebih selama 40 menit menggunakan sepeda motor, Sabtu (6/7/2019).

Sesampainya di Kecamatan Trawas, sepeda motor diparkirkan ke tempat Outbound Trawas, setelah diparkirkan, wartawan surya berjalan dari Outbound Trawas ke Goa Putih. Jarak yang ditempuh adalah 700 meter dengan berjalan kaki.

Sering Nyeri Pada Usia Lanjut Tak Boleh Diremehkan, Ini Penjelasan Dokter Prodia Surabaya

Meet and Greet Dua Garis Biru di Royal Plaza Surabaya, Ajak Penonton Memilih Hidup Secara Bijak

BREAKING NEWS-Tim SAR Gabungan Evakuasi Jasad Siswa SMPN 4 Bondowoso di Gunung Piramid

Sempitnya jalur menuju Goa putih, berkelok kelok, menanjak dan menurun, dikelilingi pohon dengan daun yang berserakan di jalan, serta di samping jalan terdapat jurang lengkap dengan pemandangan sawah dan air terjun Trawas dari bawah menghiasi perjalanan wartawan surya yang ditemani oleh Tarman (42) warga setempat.

Setibanya di lokasi Goa Putih, Kawasan Goa Putih sendiri sudah tertata cukup rapi.

Untuk naik dan masuk ke dalam goa, sudah tersedia tangga agar traveler tidak licin. Pertama kali melihat Goa Putih, kesan angker dan mistis memang sedikit terasa.

Begitu masuk ke dalam Goa, kesan mistis dan angker hilang karena di dalam Goa terdapat berbagai lukisan yang menampilkan Hanoman. Selain menampilkan Hanoman, terdapat bekas telapak tangan yang diduga merupakan telapak tangan para raja yang pernah singgah di Gua Putih.

"Goa putih merupakan tempat beristirahat para raja setelah melakukan perjalanan jauh. Bahkan Goa putih merupakan tempat bertarungnya antara lakon wayang Sugriwa dan Subali." Kata Tarman (42) Sabtu (6/7/2019).

Di dalam Goa, wartawan surya beristirahat dengan duduk beralaskan karpet yang telah disediakan oleh warga sekitar untuk melepas lelah setelah menempuh perjalanan ke Goa Putih.

Di Goa Putih banyak sekali tempat duduk yang digunakan oleh para raja dan Hanoman untuk bertapa. Hal tersebut bisa ditunjukkan dengan adanya tangga agar bisa naik ke tempat yang nyaman.

Pancaran cahaya sinar matahari yang masuk ke dalam goa semakin menambah cantik pemandangan yang ada. Goa ini pun terlihat silau dan berwarna putih. (Febrianto/Tribunjatim.com)

Penulis: Febrianto Ramadani
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved