Risiko Pendarahan, Dokter Kandungan Mulai Minimalkan Pengguntingan Area Vagina Saat Persalinan

Pengguntingan vagina saat proses persalinan untuk mempercepat proses mengeluarkan bayi dulu kerap dilakukan dokter kandungan.

Risiko Pendarahan, Dokter Kandungan Mulai Minimalkan Pengguntingan Area Vagina Saat Persalinan
SURYA/SULVI SOFIANA
Dr Hari Paraton, SpOG (K) menunjukkan letak perineum vagina di ajang Pelatihan Perineal Rupture and Vaginal Surgery di RSUD dr Soetomo Surabaya, Sabtu (6/7/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pengguntingan vagina saat proses persalinan untuk mempercepat proses mengeluarkan bayi dulu kerap dilakukan dokter kandungan.

Tetapi risiko pendarahan dan robekan yang melebar mengakibatkan pengguntingan pada area vagina ini sebisa mungkin dihindari.

Dr Hari Paraton, SpOG (K) mengatakan, saat ini dokter ahli kandungan diharapkan meminimalisir pengguntingan vagina saat membantu proses persalinan.

Pengguntingan ini dilakukan di area perineum, yaitu jaringan yang terletak antara liang vagina dengan lubang dubur.

Simpan Potongan Semangka di Kulkas Bisa Mengubahnya Jadi Beracun, Begini Tips Penyimpanan yang Benar

INFO SEHAT HARI INI - 5 Buah dan Sayur yang Dapat Menjaga Jantung Tetap Sehat, Wajib Dikonsumsi Nih!

“Panduan tingkat nasional maupun dunia, persalinan normal tidak digunting. Kalau sobek ya robek sendiri karena komplikasinya nanti beda antara robek sendiri atau digunting," ungkapnya pada SURYA.co.id (TribunJatim.com Network) seusai pelatihan di ajang Perineal Rupture and Vaginal Surgery di RSUD dr Soetomo Surabaya, Sabtu (6/7/2019).

Ia mengungkapkan, berdasarkan penelitian, bagian perineum jika robek sendiri maka tingkat kerusakan vagina tidak parah dan tergolong mudah diperbaiki.

Namun, ia menegaskan, ada sejumlah kondisi yang mengharuskan dilakukan pengguntingan.

Beberapa di antaranya yaitu kondisi gawat janin (fetal distress), yaitu saat bayi tidak mendapat cukup oksigen atau detak jantung lemah, sehingga harus segera dikeluarkan agar terhindar dari risiko lahir dalam keadaan meninggal atau cacat.

Tips Merangkai Bunga ala Florist Agar Dapat Hasil Optimal, Pilih Bunga Tak Terlalu Mekar dan Pudar

5 Resep Ramuan Jahe untuk Kesehatan, Bisa Atasi Ketombe hingga Pigmentasi di Kulit

"Melahirkan bayi besar dengan berat badan yang tinggi atau berukuran besar berisiko menimbulkan persalinan lama. Pengguntingan akan diperlukan untuk melebarkan jalan lahir pada kondisi ini," urainya.

Selain itu, kondisi saat bayi dengan kepala lunak sehingga perlu digunakannya instrumen lain ataupun tangan dokter untuk masuk ke area vagina, sehingga vagina perlu dilebarkan.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved