Mahasiswa KKN Universitas Madura Kenalkan Fermentasi Jerami Kering untuk Penggemukan Ternak Sapi

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Madura Kelompok 33 membagikan solusi untuk warga Desa Pamoroh, Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan.

Mahasiswa KKN Universitas Madura Kenalkan Fermentasi Jerami Kering untuk Penggemukan Ternak Sapi
TRIBUNMADURA.COM/Kuswanto Ferdian
Suasana saat Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Madura Kelompok 33, menggelar sosialisasi dan mengenalkan Produk Fermentasi kepada peternak sapi, Minggu (7/7/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, PAMEKASAN - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Madura Kelompok 33 membagikan solusi untuk warga Desa Pamoroh, Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan.

Mayoritas warga di sana bekerja sebagai peternak sapi. Mereka kerap kesusahan saat ingin untuk menggemukkan sapi ternaknya.

Mahasiswa Universitas Madura pun mengenalkan inovasi 'Fermentasi Manis Jerami Sapi,'.

Ketua Kelompok KKN UNIRA Kelompok 33, Ahmad Dennie mengatakan, pasukannya ingin membantu masyarakat di Desa Pamoroh dalam mempermudah untuk menggemukkan sapi ternak mereka.

(Disnak Jatim Jamin Tak Ada Daging Impor Beredar di Pasaran: Jatim Ini Gudang Peternak Sapi)

"Awalnya kami melihat para peternak sapi itu membakar jerami padi yang sudah kering. Padahal yang kami ketahui, jerami padi bisa digunakan untuk pakan ternak," kata Ahmad Dennie kepada TribunMadura.com, Minggu (7/7/2019).

Para peternak sapi di Desa Pamoroh ini hanya memberikan sapi mereka dengan pakan daun-daun dan rumput yang segar.

Mereka masih belum tahu bahwa jerami padi yang kering, masih bisa di fermentasi menjadi pakan sapi dan itu sangat berguna untuk penggemukan sapi.

Ahmad Dennie mengungkapkan, nilai nutrisi jerami padi yang kering akan meningkat bila difermentasi. Bagus untuk penggemukan sapi.

"Tujuan kami melakukan sosialisasi ini, ingin memberikan edukasi praktis kepada masyarakat Desa Pamoroh khususnya peternak dan jasa penggemukan sapi yang merupakan Badan Usaha Milik Desa Pamoroh," ujar Ahmad Dennie.

(Disnak Jatim Jamin Kekeringan Tak Berdampak Besar Pada Pakan Ternak, Ini Solusinya)

Mahasiswa KKN UNIRA juga mendatangkan  Dr. Ir. Malika Umar M.Si, Desi Kurniati Agustina, S.Pt., M. Agr dan Selvia Nurlaila S. PT., M. Agr.

Halaman
12
Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved